Kompas.com - 10/05/2013, 11:04 WIB
|
EditorKistyarini

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pihaknya bersama para ulama akan segera menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membahas penyerangan basis Ahmadiyah di Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.

"Setelah kami bermusyawarah dengan para ulama dan Muspida plus, kami memutuskan akan segera menemui Presiden untuk membahas permasalahan adanya penyerangan Ahmadiyah," jelas Uu saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (10/5/2013).

Uu menilai langkah pemerintah daerah bersama para alim ulama ini sesuai perintah Menteri Dalam Negeri untuk bertindak cepat dalam mengatasi permasalahan antarumat beragama. Juga, adanya imbauan Presiden bahwa kepala daerah harus segera menyelesaikan permasalahan antarumat beragama di daerahnya masing-masing.

"Saya langsung menanggapi imbauan Presiden dan Mendagri dengan segera menggelar rakor kemarin di Polres Tasikmalaya, mulai dari para alim ulama dan Muspida. Hasilnya, kami akan segera menemui Presiden untuk sharing penyelesaian permasalahan ini," tambah Uu.

Sejak tragedi penyerangan Ahmadiyah di Kecamatan Salawu dan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (5/5/2013), pemerintah daerah beserta unsur Muspida plus yang terdiri dari TNI, kepolisian, kejaksaan, dan para alim ulama telah beberapa kali menggelar dialog dan rapat koordinasi.

"Intinya, kami bermusyawarah untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, dua masjid Ahmadiyah di Kecamatan Salawu dan Singaparna serta puluhan rumah jemaah Ahmadiyah dirusak sekelompok orang pada Minggu (5/5/2013) dini hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.