Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Tasik Segera Temui Presiden Bahas Ahmadiyah

Kompas.com - 10/05/2013, 11:04 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pihaknya bersama para ulama akan segera menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membahas penyerangan basis Ahmadiyah di Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.

"Setelah kami bermusyawarah dengan para ulama dan Muspida plus, kami memutuskan akan segera menemui Presiden untuk membahas permasalahan adanya penyerangan Ahmadiyah," jelas Uu saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (10/5/2013).

Uu menilai langkah pemerintah daerah bersama para alim ulama ini sesuai perintah Menteri Dalam Negeri untuk bertindak cepat dalam mengatasi permasalahan antarumat beragama. Juga, adanya imbauan Presiden bahwa kepala daerah harus segera menyelesaikan permasalahan antarumat beragama di daerahnya masing-masing.

"Saya langsung menanggapi imbauan Presiden dan Mendagri dengan segera menggelar rakor kemarin di Polres Tasikmalaya, mulai dari para alim ulama dan Muspida. Hasilnya, kami akan segera menemui Presiden untuk sharing penyelesaian permasalahan ini," tambah Uu.

Sejak tragedi penyerangan Ahmadiyah di Kecamatan Salawu dan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (5/5/2013), pemerintah daerah beserta unsur Muspida plus yang terdiri dari TNI, kepolisian, kejaksaan, dan para alim ulama telah beberapa kali menggelar dialog dan rapat koordinasi.

"Intinya, kami bermusyawarah untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, dua masjid Ahmadiyah di Kecamatan Salawu dan Singaparna serta puluhan rumah jemaah Ahmadiyah dirusak sekelompok orang pada Minggu (5/5/2013) dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com