Kompas.com - 10/05/2013, 06:29 WIB
EditorAgus Mulyadi

NUNUKAN, KOMPAS.com — Sebanyak 47 orang dari 141 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi Pemerintah Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (9/5/2013), mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan Pelabuhan karena sakit.

Arman, perawat Kantor Kesehatan Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan di Nunukan, Jumat (10/5/2013), menjelaskan, penyakit gatal-gatal yang dialami para TKI itu mulai dialami pada saat mereka berada dalam tahanan akibat kondisi air yang kotor. Diduga air kotor berasal dari pembuangan limbah industri.

"Pada umumnya mengalami sakit gatal-gatal. Hanya sebagian kecil yang menderita demam dan batuk. Penyakit gatal-gatal yang dialami para TKI itu gara-gara air mandi yang kotor yang katanya dari limbah industri," ujar Arman.

Kepada TKI yang mengalami sakit tersebut, petugas telah memberikan pertolongan pertama dengan memeriksa sesuai keluhannya dan memberikan obat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.