Kompas.com - 09/05/2013, 17:39 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KEDIRI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri, Jawa Timur, telah merampungkan verifikasi seluruh berkas persyaratan administrasi 316 bakal calon legislatif (bacaleg) yang diusung 12 partai politik. Hasilnya, sekitar 90 persen diantaranya kurang memenuhi syarat administrasi.

Kepala KPU Kota Kediri, Agus Rofik, mengatakan, penyebab kekurangan itu beragam. Di antaranya karena tidak dilegalisirnya ijazah yang dipakai untuk mendaftar, ukuran pas foto diri yang tidak sesuai peraturan, jumlah rangkap berkas yang kurang, hingga kartu anggota parpol yang tidak dilegalisir. Atau satu dari beberapa syarat lainnya belum disertakan. Yang jelas karena masih banyak yang perlu diperbaiki lagi," kata Agus Rofik, Kamis (9/5/2013).

Karena kekurangan itu, Rofik menambahkan, pihaknya telah memanggil keseluruhan Parpol pengusung bacaleg ke KPU setempat untuk mengambil kembali berkasnya yang kurang. Meskipun dikembalikan, menurutnya, para bacaleg itu masih ada kesempatan mendaftar lagi.

" Mereka dapat memperbaikinya dan menyerahkan berkasnya kembali mulai 9-22 Mei 2013," imbuhnya. Nantinya, berkas yang yang telah diserahkan kembali itu kemudian akan dilakukan verifikasi ulang oleh KPU.

Berkas yang layak akan diberi label "memenuhi syarat", semntara yang tidak layak, akan diberi label "tidak memenuhi syarat". Bacaleg yang lolos syarat administrasi akan masuk dalam daftar calon anggota legislatif sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.