Kompas.com - 09/05/2013, 16:34 WIB
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seorang pengedar uang palsu ditangkap jajaran kepolisian Gunung Kidul, Rabu (8/5/2013) malam. Pelaku mengedarkan uang palsu dengan cara membelanjakan uang di warung-warung kecil di pinggiran kota.

Kasat Reskrim Polres Gunung Kidul AKP Suhadi mengatakan, pelaku pengedaran uang palsu yang ditangkap bernama Yayan Wahyu Herawan (34), warga Kecamatan Rongkop, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Penangkapan berdasarkan hasil laporan dan informasi warga yang merasa tertipu dengan uang palsu pelaku. "Saat belanja di perbatasan Ponjong-Wonogiri, pelaku kami ringkus," kata Suhadi, Kamis.

Menurut Suhadi, sejumlah warga merasa curiga dengan uang pecahan Rp 20.000 yang digunakan pelaku membeli rokok di sejumlah warung. Warga memberi tahu bahwa pelaku menggunakan motor Kawasaki Ninja dan mengenakan jaket hitam. Polisi meringkus Yayan di sebuah warung perbatasan Ponjong-Wonogiri.

"Ciri-ciri sudah didapat, anggota lantas melakukan pencarian dan menemukan pelaku saat akan menggunakan uang palsu untuk membeli sesuatu," kata Suhadi.

Di dalam dompet Yayan, polisi menemukan 24 lembar uang palsu pecahan Rp 20.000. Yayan kemudian dibawa ke Polrnes Gunung Kidul. "Pelaku saat ini masih dimintai keterangan guna pengembangan," ungkap Suhadi.

Akibat perbuatanya menyebarkan uang palsu, pelaku dijerat dengan Pasal 36 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 50 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.