Pesawat Kargo Masih di Apron, Bandara Wamena Sudah Dibuka

Kompas.com - 09/05/2013, 12:13 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

TIMIKA, KOMPAS.com — Aktivitas penerbangan di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, sejak Kamis (9/5/2013) pagi sudah kembali normal. Sebelumnya, bandara sempat ditutup pasca-terbakarnya pesawat Nusantara Air Charter (NAC), Rabu kemarin.

Kepala Bandara Wamena Ir Yunikar Pakondo mengatakan, bandara sudah dibuka sejak Kamis pagi. Namun, karena keterbatasan lahan parkir, pihak bandara meminta operator penerbangan kargo untuk mengurangi frekuensi penerbangan untuk sementara.

Menurut Yunikar, bangkai pesawat NAC masih diisolasi di tempat parkir pesawat kargo karena masih menunggu kedatangan tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), yang rencananya akan tiba di Wamena hari ini.

"Bangkai pesawat masih diisolasi apron, menunggu penyelidikan tim dari KNKT karena di pesawat itu (pesawat NAC) masih ada fuel sehingga kami harus isolasi," jelas Yunikar saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Sementara Kepala Kepolisian Resor Jayawijaya AKBP Fernando S Napitupulu mengatakan, hingga hari ini, telah diperiksa empat orang saksi terkait insiden terbakarnya pesawat NAC PK-JKC pada Rabu (8/5/2013) siang. Empat orang yang masih berstatus saksi tersebut adalah petugas kargo bandara. Sementara pilot pesawat, menurut Fernando, belum diperiksa.

"Hingga hari ini, sudah empat orang yang diperiksa dan semuanya masih berstatus saksi. Pemeriksaan pilot pesawat belum dilakukan, baru empat orang itu saja," jelas Fernando.

Sebelumnya diberitakan, pesawat kargo NAC PK-JKC jenis BAE 146-200QT Quiet Trader terbakar kemarin, sekitar pukul 11.35 WIT saat menurunkan muatan di Bandara Wamena.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.