Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Kargo Masih di Apron, Bandara Wamena Sudah Dibuka

Kompas.com - 09/05/2013, 12:13 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com — Aktivitas penerbangan di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, sejak Kamis (9/5/2013) pagi sudah kembali normal. Sebelumnya, bandara sempat ditutup pasca-terbakarnya pesawat Nusantara Air Charter (NAC), Rabu kemarin.

Kepala Bandara Wamena Ir Yunikar Pakondo mengatakan, bandara sudah dibuka sejak Kamis pagi. Namun, karena keterbatasan lahan parkir, pihak bandara meminta operator penerbangan kargo untuk mengurangi frekuensi penerbangan untuk sementara.

Menurut Yunikar, bangkai pesawat NAC masih diisolasi di tempat parkir pesawat kargo karena masih menunggu kedatangan tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), yang rencananya akan tiba di Wamena hari ini.

"Bangkai pesawat masih diisolasi apron, menunggu penyelidikan tim dari KNKT karena di pesawat itu (pesawat NAC) masih ada fuel sehingga kami harus isolasi," jelas Yunikar saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Sementara Kepala Kepolisian Resor Jayawijaya AKBP Fernando S Napitupulu mengatakan, hingga hari ini, telah diperiksa empat orang saksi terkait insiden terbakarnya pesawat NAC PK-JKC pada Rabu (8/5/2013) siang. Empat orang yang masih berstatus saksi tersebut adalah petugas kargo bandara. Sementara pilot pesawat, menurut Fernando, belum diperiksa.

"Hingga hari ini, sudah empat orang yang diperiksa dan semuanya masih berstatus saksi. Pemeriksaan pilot pesawat belum dilakukan, baru empat orang itu saja," jelas Fernando.

Sebelumnya diberitakan, pesawat kargo NAC PK-JKC jenis BAE 146-200QT Quiet Trader terbakar kemarin, sekitar pukul 11.35 WIT saat menurunkan muatan di Bandara Wamena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com