Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jumat Pagi Bakal Ada Gerhana Matahari

Kompas.com - 09/05/2013, 11:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena gerhana matahari akan terjadi pada Jumat (10/5/2013) pagi. Beberapa wilayah akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC), sementara beberapa wilayah lain hanya akan mengalami gerhana matahari sebagian (GMS).

Fenomena gerhana matahari terjadi akibat posisi Matahari, Bulan, dan Bumi yang segaris. Bumi menghalangi cahaya Matahari yang masuk ke Bumi. Tiga macam fenomena bisa terjadi, mulai GMC, GMS, dan gerhana matahari total (GMT).

GMT terjadi bila seluruh Bulan menutupi piringan Matahari. Sementara itu, GMS terjadi bila hanya sebagian piringan Matahari yang tertutupi. GMC adalah yang terunik. Bayang-bayang Bulan yang menutupi permukaan Matahari tidak sampai ke Bumi. Matahari akan tampak seperti cincin api.

Pakar astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, "Fenomena kali ini adalah gerhana matahari cincin. Tapi gerhana matahari cincin hanya bisa dilihat di Pasifik. Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian."

Menurut Thomas, seluruh Indonesia, kecuali Sumatera Utara, bisa menikmati GMS kali ini. Hanya, durasi gerhana yang bisa disaksikan di setiap wilayah berbeda. Indonesia bagian timur punya peluang lebih besar untuk menyaksikan seluruh proses gerhana.

"Untuk wilayah Jawa, begitu Matahari terbit sudah mengalami gerhana. Wilayah Jawa tidak bisa melihat gerhana maksimum, hanya bagian akhir gerhana saja yang terlihat. Kalau Sulawesi, Maluku dan Papua bisa melihat gerhana dari awal sampai akhir," papar Thomas.

Thomas saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/5/2013), mengatakan, "Jawa bagian barat akan menyaksikan gerhana sangat sebentar. Pukul 06.30 WIB, gerhana sudah benar-benar berakhir. Untuk wilayah Papua, gerhana bisa disaksikan lebih dari satu jam."

Untuk menyaksikan fenomena ini, syaratnya harus bangun lebih awal, terutama yang berada di wilayah barat Indonesia. Thomas mengungkapkan bahwa gerhana pasti bisa disaksikan kecuali terdapat awan atau hujan yang mengganggu pandangan ke langit. Pelindung diperlukan untuk menyaksikan gerhana Matahari.

Tahun 2013 ini, akan ada dua gerhana matahari yang bisa dilihat. Gerhana matahari berikutnya akan terjadi pada 3 November 2013 mendatang. Beberapa wilayah akan mengalami gerhana matahari total, sementara wilayah lain akan bisa melihat gerhana matahari sebagian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com