Kompas.com - 08/05/2013, 18:18 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS. com - Pasukan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri atau Densus 88 terpaksa menembak mati satu terduga teroris di Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/5/2013). Satu terduga teroris atas nama Abu Roban tewas di lokasi.

"Abu Roban mencoba mencabut senjata sehingga ditembak oleh anggota terlebih dahulu, tersangka meninggal dunia," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar melalui pesan singkat.

Dalam operasi tersebut, Densus 88 menangkap dua tersangka teroris. Selain Abu Roban alias Bambang Nangka yang ditembak mati, polisi juga menangkap Sugianto hidup-hidup.

Sebelumnya, baku tembak juga terjadi antara Densus 88 dan terduga teroris sekitar pukul 11.30 di rumah kontrakan milik H Anda Suhanda, Kampung Baturengat Hilir, RT 2, RW 8, Desa Cigonawa Hilir, Kecamatan Marga Asih, Kabupaten Bandung.

Diduga ada sekitar empat terduga teroris di dalam kontrakan itu. Satu orang telah digelandang. Sampai Rabu malam, penggerebekan tempat persembunyian teroris itu masih berlangsung.

Mereka diduga bagian dari jaringan teroris yang tertangkap di Kebumen, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakapolda Jabar Ricko Amelza Dahniel saat ditemui di lokasi.

"Empat orang ini adalah jaringan Jawa Tengah yang tertangkap di Kebumen," paparnya.

Ricko membantah dugaan bahwa empat terduga teroris itu masuk bagian jaringan pembela etnis Rohingya Myanmar yang beberapa waktu lalu berencana mengebom kedutaan Myanmar. "Tidak ada hubungannya dengan Myanmar," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.