Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Pesawat Kargo Akibat Drum BBM Jatuh

Kompas.com - 08/05/2013, 15:15 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Terbakarnya pesawat Nusantara Air Carter di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (8/5/2013) disebabkan meledaknya drum bahan bakar minyak yang jatuh ke aspal saat dipindahkan dari pesawat menggunakan forklift.

Penjelasan ini Kepala Bidang Humas, Kepolisian Daerah Papua, Kombes I Gede Sumerta, Rabu (8/5/2013). Ia mengatakan pesawat Nusantara Air Carter dengan no registrasi PK-JKC, jenis BAE 146-200QT Quiet Trader, terbakar sekitar pukul 11.35 WIT saat menurunkan muatan di Bandara Wamena.

"Pada saat pesawat parkir dan salah satu karyawan PT Walesi Air menurunkan BBM menggunakan forklift, ada satu drum yang jatuh dari forklift dan terbakar di aspal sehingga mengenai ekor dan badan pesawat. Belum ada laporan korban jiwa akibat kejadian ini," urai Gede Sumerta.

Menurut Sumerta, pesawat kargo dengan pilot Tatang Kurnia didampingi first officer, Mamat Kosim terbang dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, dengan muatan BBM dan barang campuran dengan berat total sembilan ton, empat kilogram.

Akibat kejadian ini, menurut Sumerta, Bandara Wamena ditutup sementara untuk penerbangan menunggu pemindahan bangkai pesawat. Berikut daftar muatan pesawat kargo Nusantara Air Carter yang terbakar di Bandara Wamena berdasarkan data dari Humas Polda Papua: 138 karung beras bulog ukuran 15 kilogram, 115 bimoli dan mizon, 35 karton deterjen, 117 espino, 50 karton air mineral, dan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak 21 drum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com