Bawa 0,72 Gram Ganja, Warga Jepang Dihukum 5 Bulan

Kompas.com - 08/05/2013, 04:29 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

DENPASAR, KOMPAS.com — Watanabe Sinichi (35), warga negara Jepang yang tersangkut kasus kepemilikan 0,72 gram ganja, divonis 5 bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (7/5/2013). Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum dalam sidang sebelumnya, yakni 9 bulan penjara.

Ketua Majelis Hakim Cening Budiana menyatakan, terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 127 Ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. "Terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah menyalahgunakan narkotika golongan I bagi diri sendiri," ujar Cening saat membacakan putusannya.

Hal yang meringankan terdakwa adalah sopan dan berterus terang dalam memberikan keterangan selama persidangan. Terdakwa juga menyesali perbuatannya, tidak mengulangi, dan berjanji akan menjauhi narkotika karena dapat mengganggu kesehatan.

Atas putusan ini, terdakwa dan kuasa hukumnya langsung menerima dan tidak akan mengajukan banding. Sementara Jaksa Penuntut Umum AA Satya Markandea masih pikir-pikir.

Watanabe dibekuk aparat gabungan Polresta Denpasar, Polres Badung, bersama BNN Badung dan BNN Bali yang melakukan sidak di sejumlah tempat hiburan malam, Minggu (23/12/2012). Saat digeledah, polisi menemukan barang bukti berupa ganja seberat 0,72 gram tersimpan di tas pinggangnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.