Kompas.com - 07/05/2013, 18:55 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SITUBONDO, KOMPAS.com — Peristiwa menghebohkan terjadi di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (7/5/2013), menyusul penemuan puluhan kerangka manusia. Salah satu tulang pergelangan yang pertama ditemukan masih mengenakan gelang.

Diperoleh keterangan, pertama kali kerangka manusia ini ditemukan oleh salah seorang warga setempat bernama Yudi (35). Pria yang berprofesi sebagai kuli bangunan ini menemukan kerangka manusia saat menggali tanah sedalam 1 meter di lahan milik Bunasro untuk pembangunan sekolah. Dia terkejut saat cangkul di tangannya membentur benda keras. Setelah dilihat, benda tersebut ternyata kerangka manusia.

Kabar penemuan kerangka manusia ini dengan cepat tersebar luas. Hanya dalam hitungan menit, puluhan warga pun berbondong-bondong mendatangi lokasi.

Selain itu, di sekitar lokasi penemuan kerangka manusia, Yudi juga menemukan sejumlah cincin dengan corak yang sama dengan gelang yang dikenakan kerangka manusia yang pertama ditemukannya.

Warga menduga, jenis kelamin kerangka manusia itu perempuan. Meski belum diketahui identitasnya, warga menduga kerangka manusia itu adalah korban zaman pemberontakan PKI di Jawa Timur. "Konon di lokasi penemuan sempat menjadi tempat persembunyian warga. Bahkan, sebagian dari mereka yang dituduh PKI dikubur hidup-hidup," ujar Yudi.

Menurut Bunarso, di lokasi penemuan kerangka manusia itu rencananya memang akan dibangun sekolah. "Meski kondisinya sudah berkarat, gelang dan cincin yang ditemukan bermotif batik," katanya.

Sayangnya, warga tidak melaporkan penemuan kerangka manusia itu kepada polisi. Namun, setelah tulang belulang dikumpulkan, warga langsung memindahkan ke tempat pemakaman umum setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.