Kompas.com - 07/05/2013, 17:20 WIB
|
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa perbaikan jalan yang rusak di provinsi itu terkendala koordinasi antarpemerintah daerah.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Aher itu berjanji segera melakukan perbaikan di jalan yang berada di wilayah Pemerintah Provinsi Jabar.

Seperti diberitakan sebelumnya, banyak jalan rusak yang tidak kunjung diperbaiki di wilayah Jabar sehingga menimbulkan banyak pengaduan di masyarakat.

"Insya Allah akan diperbaiki secepatnya. Masalahnya, jalan itu milik siapa dulu. Hari ini sudah ada pembagian kewenangan. Kami tidak boleh memperbaiki jalan milik pemerintah pusat, " kata kata Ahmad Heryawan saat ditemui di Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Surapati, Kota Bandung, Selasa (7/5/2013).

Untuk saat ini, lanjut Aher, yang bisa dilakukan untuk mempercepat perbaikan jalan di wilayah Jabar adalah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat yang memiliki jalan. "Supaya bisa diperbaiki secara cepat," ucapnya.

Gubernur yang akan menjabat periode keduanya ini mencontohkan akses jalan Cianjur-Sukabumi yang rusak cukup parah. Menurut dia, perbaikan jalan tersebut terkendala oleh pemerintah pusat. "Saya sadar betul jalan Cianjur-Sukabumi itu rusak parah, tapi itu jalan milik pusat," katanya.

Selain masalah otoritas daerah, kendala lainnya dalam hal perbaikan jalan adalah masalah tata cara perbaikan yang harus melalui sistem tender. "Penunjukan memakan waktu 20 hari dan tendernya sendiri memakan waktu dua bulan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.