Kompas.com - 07/05/2013, 17:10 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung resmi menetapkan delapan pasangan bakal calon menjadi pasangan calon di Pilwalkot Bandung 2013. Penetapan dilakukan pada rapat pleno anggota KPU di kantor KPU, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (7/5/2013).

Ketua KPU Kota Bandung Apippudin mengaku akan segera melakukan pengundian nomor urut kepada delapan kandidat tersebut. Pengundian akan dilakukan pada Rabu (8/5/2013) besok, pukul 08.00-12.00 WIB, di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Lingkar Selatan.

Dikatakan Apipudin, acara pengundian nomor urut bersifat terbuka untuk umum. "Siapa saja boleh hadir, ini terbuka untuk umum," kata Apipudin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/5/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, ada delapan kandidat yang maju dalam pertarungan pilkada Bandung. Empat pasangan calon datang dari jalur partai politik dan  empat lainnya dari jalur perseorangan.

Apip menjelaskan, empat dari jalur parpol yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Erwan Setiawan. Edi Sis-Erwan Setiawan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, serta lima parpol non parlemen.

Kedua, Wakil Wali Kota Bandung petahana Ayi Vivananda yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berpasangan dengan istri Wali Kota Bandung Dada Rosada, yakni Nani Suryani Rosada yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketiga, ahli tata kota dan arsitek, Ridwan Kamil yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berpasangan dengan anggota DPRD Kota Bandung, Oded M. Danial yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keempat, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Qudrat Iswara yang berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Asep Dedy Ruyadi yang diusung Partai Golkar serta PDS dan 15 parpol non parlemen.

Sementara untuk kelompok jalur perseorangan, ada Budi Setiawan (Budi Dalton) - Rizal Firdaus, Wawan Dewanta - M Sayogo, Bambang Setiadi-Alex Tahsin, dan Wahyudin Karnadiata-Tony Apriliani.

Puncak pelaksanaan Pilwalkot akan dilangsungkan pada 23 Juni 2012 mendatang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X