Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Mei, Undian Nomor Urut Pilwalkot Bandung

Kompas.com - 07/05/2013, 17:10 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung resmi menetapkan delapan pasangan bakal calon menjadi pasangan calon di Pilwalkot Bandung 2013. Penetapan dilakukan pada rapat pleno anggota KPU di kantor KPU, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (7/5/2013).

Ketua KPU Kota Bandung Apippudin mengaku akan segera melakukan pengundian nomor urut kepada delapan kandidat tersebut. Pengundian akan dilakukan pada Rabu (8/5/2013) besok, pukul 08.00-12.00 WIB, di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Lingkar Selatan.

Dikatakan Apipudin, acara pengundian nomor urut bersifat terbuka untuk umum. "Siapa saja boleh hadir, ini terbuka untuk umum," kata Apipudin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/5/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, ada delapan kandidat yang maju dalam pertarungan pilkada Bandung. Empat pasangan calon datang dari jalur partai politik dan  empat lainnya dari jalur perseorangan.

Apip menjelaskan, empat dari jalur parpol yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Erwan Setiawan. Edi Sis-Erwan Setiawan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, serta lima parpol non parlemen.

Kedua, Wakil Wali Kota Bandung petahana Ayi Vivananda yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berpasangan dengan istri Wali Kota Bandung Dada Rosada, yakni Nani Suryani Rosada yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketiga, ahli tata kota dan arsitek, Ridwan Kamil yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berpasangan dengan anggota DPRD Kota Bandung, Oded M. Danial yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keempat, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Qudrat Iswara yang berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Asep Dedy Ruyadi yang diusung Partai Golkar serta PDS dan 15 parpol non parlemen.

Sementara untuk kelompok jalur perseorangan, ada Budi Setiawan (Budi Dalton) - Rizal Firdaus, Wawan Dewanta - M Sayogo, Bambang Setiadi-Alex Tahsin, dan Wahyudin Karnadiata-Tony Apriliani.

Puncak pelaksanaan Pilwalkot akan dilangsungkan pada 23 Juni 2012 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com