Kompas.com - 07/05/2013, 16:19 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SIMALUNGUN, KOMPAS.com — KG (52), warga Huta II Nagori Bah Gunung, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, diduga melakukan percabulan terhadap anak-anak di bawah umur.

Hal ini terungkap dalam keterangan yang disampaikan Kepala Polres (Kapolres) Simalungun AKBP Andi Syahriful Taufik di Mapolres Simalungun, Pematang Raya, Selasa (7/5/2013).

Menurut Andi, pelaku ditangkap menyusul adanya pengaduan salah seorang korban, KA (11). "Dalam aksinya, pelaku sengaja mengajak korban menonton CD berisi film porno. Kemudian pelaku mengalami peningkatan birahi, lalu mulai mencabuli korbannya," jelas Andi.

Diperkirakan, korban kebejatan pelaku tidak hanya satu. Meski sejauh ini, kata Andi, pihaknya baru mendapat laporan dari satu korban yakni KA, tetapi informasi yang diperoleh, korban lebih dari satu orang dan rata-rata anak di bawah umur.

Terkait kecurigaan itu, kasus yang semula ditangani Unit Reskrim Polsek Perdagangan, Kabupaten Simalungun, ditarik ke Polres Simalungun. Alasan lainnya karena Polsek Perdagangan tidak memiliki Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). "Meski pelaku mengaku hanya melakukan aksinya kepada satu orang korban, kami tidak sepenuhnya menjadikan pengakuan itu satu-satunya alat bukti. Penyidik kami akan terus bekerja untuk mengembangkan kasus ini menyusul ada informasi korban bukan hanya satu orang," jelas Andi lagi.

Kepolisian, kata Andi, sangat berharap bantuan warga atau orangtua para korban percabulan agar membuat laporan secara resmi ke Polres Simalungun, di samping penyidik dari Polres Simalungun proaktif mengusut kasus ini. "Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 82 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.