Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit Waluyo Jadi Sasaran Kampanye Hitam di Kendal

Kompas.com - 07/05/2013, 15:23 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kendal didatangi oleh salah satu warga Karanganom Weleri, Musyafak, Selasa (7/5/2013). Musyafak melaporkan selebaran berisi berita yang menyudutkan calon gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.

Di dalam selebaran yang patut diduga sebagai bagian dari kampanye hitam tersebut termuat cuplikan pernyataan Bibit yang mendukung koruptor dan menghina kesenian daerah. Berita itu diambil dari media online.

Menurut Musyafak, selebaran itu ditemukannya pada Selasa sekira pukul 02.00 WIB. "Yang menyebarkan selebaran itu orangnya memakai mobil niaga warna putih," kata Musyafak yang mengaku menemukan 132 lembar selebaran serupa.

Menanggapi temuan itu, Ketua Panwaslu Kendal Supriyadi mengaku senang dengan adanya laporan warga seperti yang dilakukan Musyafak. Hal ini menandakan bahwa ada warga yang peduli dengan pilihan gubernur.

Selain menerima laporan dari Musyafak, Panwaslu juga telah mendapat laporan tentang adanya kampanye hitam di Bandengan, Kecamatan Kendal. Namun, informasi itu masih harus diperiksa lebih lanjut. "Pada dasarnya semua masyarakat bisa menjadi pengawas untuk menciptakan pilgub yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia," kata Supriyadi.

Panwaslu, kata Supriyadi, akan menindaklanjuti laporan itu dengan melakukan laporan lanjutan ke KPUD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com