Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buron Kejagung Ditangkap di Parapat

Kompas.com - 07/05/2013, 15:15 WIB
Kontributor Kompas TV, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com — Berlin Sihombing (58), warga Kandis, Riau, yang merupakan buron Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, ditangkap tim Kejagung dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun di salah satu hotel di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (7/5/2013) pagi.

"Berlin merupakan terdakwa kasus illegal logging yang sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Pangkalan Kerinci. Dia sudah dua hari berada di wilayah hukum Kabupaten Simalungun," jelas Polin Sitanggang, Kepala Kejari Simalungun, di kantornya, Jalan Asahan, Pematangsiantar.

Menurut Polin, kasus yang menyeret Berlin sejauh ini masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. Diperkirakan Berlin kabur sejak 28 Maret 2013, persis saat dibantarkan hakim karena sakit. Ketika pengadilan akan melakukan persidangan, terdakwa tidak lagi berada di wilayah hukum Pangkalan Kerinci, Riau.

Kejaksaan kemudian menetapkan yang bersangkutan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). "Jadi sudah cukup lama yang bersangkutan ditetapkan masuk dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO," kata Polin.

Dalam proses pencarian, tim Kejaksaan Agung mendapat informasi bahwa Berlin berada di wilayah hukum Kabupaten Simalungun. Kejagung kemudian menurunkan tim yang dipimpin Joni Manurung dibantu Kejari Simalungun untuk melakukan penangkapan di sebuah hotel di Parapat.

"Saat penangkapan, Berlin tidak melakukan perlawanan terhadap tim Kejaksaan. Dia kemudian langsung diboyong ke Kejari Simalungun," jelas Polin.

Setelah sempat singgah di Kejari Simalungun, tim Kejagung yang datang dengan empat rombongan mobil membawa kembali Berlin Sihombing ke Medan, sebelum diberangkatkan ke Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com