Kompas.com - 07/05/2013, 15:15 WIB
|
EditorKistyarini

SIMALUNGUN, KOMPAS.com — Berlin Sihombing (58), warga Kandis, Riau, yang merupakan buron Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, ditangkap tim Kejagung dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun di salah satu hotel di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (7/5/2013) pagi.

"Berlin merupakan terdakwa kasus illegal logging yang sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Pangkalan Kerinci. Dia sudah dua hari berada di wilayah hukum Kabupaten Simalungun," jelas Polin Sitanggang, Kepala Kejari Simalungun, di kantornya, Jalan Asahan, Pematangsiantar.

Menurut Polin, kasus yang menyeret Berlin sejauh ini masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. Diperkirakan Berlin kabur sejak 28 Maret 2013, persis saat dibantarkan hakim karena sakit. Ketika pengadilan akan melakukan persidangan, terdakwa tidak lagi berada di wilayah hukum Pangkalan Kerinci, Riau.

Kejaksaan kemudian menetapkan yang bersangkutan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). "Jadi sudah cukup lama yang bersangkutan ditetapkan masuk dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO," kata Polin.

Dalam proses pencarian, tim Kejaksaan Agung mendapat informasi bahwa Berlin berada di wilayah hukum Kabupaten Simalungun. Kejagung kemudian menurunkan tim yang dipimpin Joni Manurung dibantu Kejari Simalungun untuk melakukan penangkapan di sebuah hotel di Parapat.

"Saat penangkapan, Berlin tidak melakukan perlawanan terhadap tim Kejaksaan. Dia kemudian langsung diboyong ke Kejari Simalungun," jelas Polin.

Setelah sempat singgah di Kejari Simalungun, tim Kejagung yang datang dengan empat rombongan mobil membawa kembali Berlin Sihombing ke Medan, sebelum diberangkatkan ke Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.