Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Youth Gone Wild" Ajang Asah "Skill" Fotografer

Kompas.com - 07/05/2013, 12:32 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Dunia fotografi di Magelang kian menggeliat. Banyak fotografer bermunculan unjuk kebolehan menghasilkan karya yang sejatinya memiliki nilai seni tinggi. Namun sayang karya-karya mereka hanya sebatas dapat dinikmati sendiri ataupun diunggah di media sosial saja.

Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi, Rumahkoe Art Cafe (RAC) Magelang untuk menggelar pameran dan hunting fotografi di wilayah Kota Magelang. Event bertajuk "Youth Gone Wild" ini akan berlangsung pada 12-19 Mei 2013 mendatang di kafe setempat dan tiga lokasi hunting fotografi.

Aris Mei Sugiharto, Manager RAC mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya, RAC sering mengadakan pameran lukisan karena memang konsep kafe tersebut adalah tentang seni. Hampir di tiap sudut kafe dipajang lukisan dari berbagai pelukis. "Nah, kali ini akan kami hadirkan pameran foto. Memang baru pertama kali dan bertepatan dengan ulang tahun ke-3 RAC yang jatuh pada 11 Mei 2013," jelas Aris belum lama ini.

Ditambahkan Roni Setiawan, Ketua Panitia Penyelenggara, event ini akan memiliki nuansa yang berbeda dari event-event serupa yang pernah diadakan. Sebab, untuk hunting foto akan dilakukan di tiga tempat berbeda yang memiliki nilai herritage dan sejarah tinggi di Kota Magelang. Antara lain, Gedung Bunder, Wisma Diponegoro, dan Rumah Keluarga Oei.

"Pemilihan tempat ini sekaligus sebagai upaya pelestarian herritage yang masih banyak berdiri di Kota Magelang. Ketiga lokasi ini memiliki nilai artistik tinggi namun jarang menjadi objek foto para fotgrafer Magelang," katanya.

Pameran dan hunting fotografi ini, katanya, sedikitnya akan menampilkan 80 karya foto dari berbagai tema dan bidang. Ada delapan tema foto yang akan dipamerkan, yakni jurnalistik, landscape, makro, stillife, fashion, wedding, travelling, dan street photography.

Foto sebanyak itu berasal dari para fotografer muda berbakat yang berdomisili atau berasal dari Magelang dan sekitarnya. "Bahkan, beberapa di antara para fotografer itu sudah menembus kancah nasional dan internasional. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kami untuk dapat menampilkan karya-karya mereka di dinding kafe kami dan mendapat apresiasi dari khalayak umum," tuturnya.

Selain pameran dan hunting fotografi, event ini juga akan diisi sejumlah kegiatan seminar dan live music jazz dari Magelang Jazz Community (MJC). Seminar akan digelar setiap hari selama pameran yang diisi para fotografer profesional dan gratis diikuti masyarakat umum.

"Kami ingin berbagi ilmu tentang fotografi. Dan mudah-mudahan menjadi wadah sekaligus semangat para fotografer di Magelang untuk terus berkarya dan tidak hanya sampai pada media sosial saja," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com