Kompas.com - 06/05/2013, 22:49 WIB
EditorAgus Mulyadi

PADANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menemukan berkas dua orang bakal calon anggota legislatif untuk pemilihan anggota DPRD setempat pada Pemilu 2014, berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

"Dua berkas bakal calon anggota legislatif (caleg) itu ditemukan saat verifikasi dilakukan KPU terhadap daftar calon sementara (DCS), yang diserahkan oleh 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di daerah ini," kata Ketua KPU Padang, Alison, di Padang, Senin (6/5/2013).

Namun KPU Padang tidak menyebutkan nama bakal caleg tersebut dan partai politik, yang mendaftarkan mereka untuk ikut dalam Pemilu Legislatif 2014.

Terhadap temuan itu, menurut Alison, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tetang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota, dua bakal caleg itu harus mengajukan surat pengunduran diri sebagai PNS.

KPU menunggu surat bukti pengunduran diri tersebut dari kedua bakal caleg hingga 22 Mei 2013. Jika tidak dapat dipenuhi, maka KPU akan meminta partai politik yang mendaftarkan mereka untuk menggantinya.

"Jika sampai 22 Mei 2013, KPU belum menerima juga surat bukti penggunduran dari PNS, maka parpol yang mencalonkan diminta memperbarui DCS-nya dan mengganti dua nama bakal caleg tersebut," katanya.

KPU Padang juga akan menyampaikan semua hasil verifikasi terhadap DCS kepada setiap parpol peserta Pemilu yang akan dilaksanakan pada 8 Mei 2013.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alison menyebutkan, dalam melaksanakan tahapan verifikasi DCS terhadap 12 parpol tidak menemui kendala yang berarti. "Dalam melakukan verifikasi hanya terjadi perbedaan penafsiran oleh petugas KPU sehingga harus dilakukan penyamaan persepsi verifikasi berkas DCS, dan harus dilakukan hingga tiga kali," katanya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X