Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengakuan Sopir Bus "Maut" PO Nugroho

Kompas.com - 06/05/2013, 17:12 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Mengenakan kaus dan celana pendek, Susanto (46), warga Jalan Kawi, Semarang, ini terlihat lusuh. Ia hanya tersenyum sebentar dan lebih banyak diam saat ditemui di kantor Satlantas Polrestabes Semarang, Senin (6/5/2013).

Susanto adalah sopir bus PO Nugroho yang mengalami kecelakaan di turunan Jalan Dr Wahidin, Semarang, Jumat (3/5/2013) lalu. Rem yang tidak berfungsi membuat bus melaju tanpa kendali hingga menabrak sedikitnya tiga mobil dan delapan sepeda motor. Tiga nyawa pun melayang pada peristiwa itu.

Bus diketahui melaju dari arah atas yang kemudian berpindah jalur, sebelum menabrak sejumlah sepeda motor dan sejumlah mobil. Laju bus kemudian terhenti setelah menabrak sebuah mobil sedan dan tiang baliho besar.

"Saya akan bertanggung jawab, jelas saya turut berduka dan memohon maaf kepada keluarga korban," ujar Susanto dengan mata berkaca-kaca.

Susanto menceritakan, pada hari itu, seperti biasa ia mengemudikan bus untuk mencari penumpang. Bus dengan nomor polisi H 1574 AG jurusan Mangkang-Tembalang itu sebelumnya dalam kondisi baik. "Sudah dicek normal semua, ya namanya nasib," ujar Susanto lirih.

Susanto mengaku, setiap hari ia hanya melakukan tiga kali perjalanan dengan rute Mangkang-Tembalang dan sebaliknya. Peristiwa itu terjadi saat perjalanan kedua menuju Terminal Mangkang. "Di turunan Gombel saja kondisi masih baik dan tidak saya rasakan ada yang rusak," kata Susanto, yang mengaku baru bergabung dua bulan di PO Nugroho.

Saat tiba di turunan Jalan Dr Wahidin atau yang dikenal dengan sebutan Tanah Putih, laju bus sudah mulai tidak terkendali. Susanto mengaku sudah berusaha untuk memperlambat laju bus dengan menurunkan ke persneling yang lebih rendah, tetapi gagal. "Saya sudah grogi, panik, dan tahu-tahu sudah nabrak mobil, motor, dan akhirnya berhenti. Semuanya cepat sekali," tutur Susanto.

Lelaki yang sudah menjadi sopir sejak tahun 1991 itu sempat menolong korban seusai kecelakaan. Namun, karena banyak warga yang mencari keberadaan sopir, ia lalu berjalan menuju pos polisi yang berada sekitar 200 meter dari lokasi kejadian. "Saya bukannya mau melarikan diri, tapi waktu itu warga yang datang semakin banyak," kata Susanto.

Sementara itu, Kanit Laka Polrestabes Semarang AKP Slamet mengatakan, pemilik perusahaan angkutan tersebut sudah memenuhi panggilan pemeriksaan. Meski begitu, Slamet mengaku belum mengetahui hasil pemeriksaan. "Tetapi, pemilik sudah ke sini dan membicarakan dengan kami, juga sudah memberikan santunan pada korban," ujar Susanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com