Kompas.com - 06/05/2013, 14:02 WIB
EditorTri Wahono

GROBOGAN, KOMPAS.com - Bentrokan antara warga dan suporter PSIS di Kelurahan Klampok, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Minggu (5/5/2013) malam diduga dipicu tindakan oknum suporter yang melakukan penjarahan saat melintas di daerah tersebut siang harinya. Karena itu, korban penjarahan menuntut ganti rugi kepada oknum yang melakukannya.

"Akibat penjarahan yang diduga dilakukan oknum suporter PSIS Semarang, warung makan serta ruang pamer sepeda motor saya di Kelurahan Klampok, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, mengalami kerugian hingga Rp100 jutaan," kata Juned, pemilik warung makan dan showroom sepeda motor di Grobogan, Senin (6/5/2013).

Ia mengatakan, barang-barang yang dijarah oknum suporter PSIS yakni semua makanan dan minuman, tiga unit sepeda motor, televisi, dan uang tunai hingga Rp 20 juta. Bahkan, SIM dan STNK serta kunci ruang pamer sepeda motor juga ikut raib. Lemari pendingin di warung makan juga dibakar massa.

"Beruntung, saat kejadian tidak ada korban jiwa, karena tidak ada orang di rumah," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, kerusakan masih tampak di sepanjang Jalan Raya Klampok-Godong, Kecamatan Godong, Grobogan, yang masuk Desa Klampok. Tempat-tempat usaha rusak dan barang-barang di dalamnya ludes karena penjarahan. Di depan Pasar Godong juga masih terlihat kerangka sepeda motor dan sepeda kayuh yang gosong.

Beberapa sepeda motor jasa ojek, sejumlah warung makan, dan tempat usaha kainnya di sepanjang jalan yang dilalui suporter PSIS Semarang tersebut dirusak.

Seorang warga Desa Klampok, Maruf, mengatakan, tindakan anarkistis oknum suporter PSIS sudah terlihat sejak Minggu sekitar pukul 13.00 WIB ketika mereka menuju stadion untuk menonton pertandingan antara Persipur Purwodadi melawan PSIS Semarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat suporter pulang, warga menghadang sehingga terjadi bentrokan, Ribuan orang suporter terpaksa tertahan hingga 15 jam dan baru bisa keluar dari wilayah Grobogan pagi hingga siang ini dengan kawalan polisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.