Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembunuhan Kabur, Polisi Lalai?

Kompas.com - 06/05/2013, 10:49 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Pelaku pembunuhan tiga anggota keluarga di Kendari yang kabur melalui plafon Rumah Sakit Jiwa Kendari, Sabtu pukul 18.00 Wita, ternyata tidak mendapat penjagaan aparat kepolisian. Hal itu diakui petugas RSJ Kendari, Suwarno, yang dikonfirmasi di RSJ Kendari.

"Saya selesai piket Sabtu sekitar pukul 17.00 Wita, saat itu saya keluar dan Imsak dijaga oleh petugas Pol PP. Namun, saya tidak melihat ada pihak kepolisian, sekitar selesai shalat maghrib, Imsak dicek, ternyata sudah lolos," tutur Suwarno, Senin (6/5/2013).

Suwarno pernah mengamati Imsak saat pertama kali masuk di RSJ Kendari. Namun, dari pandangannya, Imsak masih memiliki kemampuan motorik yang baik ketika menjawab pertanyaannya.

Menurut Suwarno, pelaku pembunuhan itu dirawat Ruang R Nomor 3 atau ruangan isolasi. Imsak bahkan menempati ruangan khusus sendirian dan tidak digabung dengan pasien RSJ yang lain.  

Suwarno memperkirakan, Imsak (23) kabur dari RSJ dengan cara memanjat bak kamar mandi. "Kalau saya lihat, dia (Imsak) panjat bak kamar mandi, lalu berpegangan di terali jendela, terus bis plafon dicorek sampai kayunya terlepas kayu. Lalu kayu bis plafon dicungkil dari bawah sampai triplek plafon kamar mandi lepas, kemudian dia memanjat dan kabur," katanya.

Setelah itu, lanjut Suwarno, pelaku pembunuhan itu melompat melalui plafon teras belakang yang sudah berlubang. Kemudian dia meloloskan diri dari meja penjagaan yang berjarak lima meter dari RSJ, lewat jalan belakang.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Kendari Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mohammad Faruk Rozi ketika dikonfirmasi terpisah mengatakan, polisi melakukan pengejaran terhadap Imsak. "Kami sudah maksimal sejauh ini, anggota Satreskrim Polres beserta jajarannya sudah kami kerahkan, tempat-tempat yang diperkirakan dia lari sudah kami awasi," ujar Suwarno.

Namun, terkait instruksi tembak di tempat, polisi yang baru empat hari menduduki posisi sebagai Kasat Reskrim Polres Kendari menggantikan AKP Rofikoh Yunianto ini mengaku akan menunggu arahan Kapolres Kendari. "Terkait itu, saya tunggu arahan Kapolres. Kalau dia berusaha melarikan diri dan melawan, kami tembak di tempat," tandas Suwarno.

Sebelumnya diberitakan, telah terjadi pembunuhan tiga orang anggota keluarga, yakni pasangan Labojo Basri (60), Haslia (59), dan cucunya, Faisal (7), pada Selasa (16/4/2013) pukul 14.30 Wita. Semula polisi menyebut Wahyudin yang merupakan anak Labojo-Haslia dan ayah kandung Faisal sebagai pelaku pembunuhan tersebut.

Namun, ternyata informasi yang dihimpun polisi keliru. Pasalnya, kesaksian yang dikumpulkan berasal dari Husein, anak Basri, yang belakangan diketahui mengalami kelainan jiwa. Imsak, pelaku pembunuhan yang masih kerabat korban, ditangkap polisi di sekitar pelabuhan penyeberangan Wawonii saat hendak melarikan diri ke Bungku, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (17/4/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com