Kompas.com - 05/05/2013, 14:08 WIB
|
EditorKistyarini

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Beberapa warga Ahmadiyah di Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, memblokade jalan memasuki kampungnya untuk mengantisipasi serangan susulan, Minggu (5/5/2013).

Pantauan Kompas.com, sejumlah warga Ahmadiyah melengkapi dirinya dengan balok kayu, golok, dan batang besi. Jalan menuju Kampung Kutawaringin, Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, dihalangi batang bambu, sehingga menghalangi jalan. Bahkan, beberapa warga yang hendak masuk ke kampung itu pun diperiksa sebelum ke perkampungan.

"Saya di sini hanya berjaga-jaga saja apabila terjadi penyerangan susulan," jelas juru bicara Ahmadiyah Kecamatan Salawu, Dodi, kepada sejumlah wartawan, Minggu (5/5/2013).

Pada Minggu dini hari, sekelompok massa menyerang sebuah masjid dan sejumlah rumah di Kampung Kutawaringin. Tercatat 20 rumah milik warga Ahmadiyah rusak akibat serangan itu.

"Setelah kami periksa akibat penyerangan sekelompok orang sebanyak 20 rumah rusak di sini, dan satu masjid," jelas juru bicara Ahmadiyah Kecamatan Salawu, Dodi, di lokasi kejadian, Minggu siang.

Sesuai data yang berhasil dikumpulkan, lanjut Dodi, rumah warganya yang rusak itu sebagian besar mengalami pecah kaca dan perabotan rumah di dalamnya. Saat ini, mereka masih membersihkan puing-puing kerusakan di rumahnya masing-masing.

"Sekarang warga masih dibereskan oleh para pemiliknya. Mereka pun sempat akan dievakuasi, tapi mereka gak mau meninggalkan perkampungan," kata Dodi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.