Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ahmadiyah Salawu Blokade Jalan

Kompas.com - 05/05/2013, 14:08 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Beberapa warga Ahmadiyah di Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, memblokade jalan memasuki kampungnya untuk mengantisipasi serangan susulan, Minggu (5/5/2013).

Pantauan Kompas.com, sejumlah warga Ahmadiyah melengkapi dirinya dengan balok kayu, golok, dan batang besi. Jalan menuju Kampung Kutawaringin, Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, dihalangi batang bambu, sehingga menghalangi jalan. Bahkan, beberapa warga yang hendak masuk ke kampung itu pun diperiksa sebelum ke perkampungan.

"Saya di sini hanya berjaga-jaga saja apabila terjadi penyerangan susulan," jelas juru bicara Ahmadiyah Kecamatan Salawu, Dodi, kepada sejumlah wartawan, Minggu (5/5/2013).

Pada Minggu dini hari, sekelompok massa menyerang sebuah masjid dan sejumlah rumah di Kampung Kutawaringin. Tercatat 20 rumah milik warga Ahmadiyah rusak akibat serangan itu.

"Setelah kami periksa akibat penyerangan sekelompok orang sebanyak 20 rumah rusak di sini, dan satu masjid," jelas juru bicara Ahmadiyah Kecamatan Salawu, Dodi, di lokasi kejadian, Minggu siang.

Sesuai data yang berhasil dikumpulkan, lanjut Dodi, rumah warganya yang rusak itu sebagian besar mengalami pecah kaca dan perabotan rumah di dalamnya. Saat ini, mereka masih membersihkan puing-puing kerusakan di rumahnya masing-masing.

"Sekarang warga masih dibereskan oleh para pemiliknya. Mereka pun sempat akan dievakuasi, tapi mereka gak mau meninggalkan perkampungan," kata Dodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com