Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Papandayan Naik Status Menjadi Siaga

Kompas.com - 05/05/2013, 13:24 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gunung Papandayan yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali menunjukkan aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun segera menaikan status Gunung Papandayan dari waspada menjadi siaga, Minggu (5/5/2013).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala PVMBG Surono dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu. "Mengingat kegempaan vulkanik dan tektonik lokal secara intensif, maka terhitung terhitung tgl 5 Mei 2013 pukul 12:00 WIB, status Papandayan kami naikkan dari Waspada menjadi Siaga," kata Surono.

Berdasarkan data yang diterima dari PVMBG, sejak Sabtu (4//5/2013) kemarin, Gunung Papandayan terus meningkatkan aktivitas vulkaniknya hingga saat ini. Tercatat, pada 4 Mei 2013, pukul 18.00 WIB hingga 24.00 WIB, Gunung Papandayan menunjukkan satu kali gempa tektonik jauh, 69 kali gempa tektonik lokal, 20 kali gempa vulkanik dangkal, empat kali gempa vulkanik dalam.

Hingga dinaikan statusnya pada 5 Mei 2013 hari ini, aktivitas Gunung Papandayan sejak pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, kegempaan yang tercatat adalah 60 kali gempa tektonik lokal, 10 kali gempa vulkanik dangkal. Sementara itu, pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.35 WIB tercatat ada 40 kali gempa tektonik lokal dan delapan kali gempa vulkanik dangkal.

"Dalam status siaga Papandayan kami rekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2 kilometer dari puncak Gunung Papandayan," tambah Surono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com