Kompas.com - 03/05/2013, 23:17 WIB
|
EditorFarid Assifa

SALATIGA, KOMPAS.com - Puluhan warga Desa Gunung Tumpeng tepatnya di Lingkungan Grenjengan, Dusun Rembes, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang mengkhawatirkan keselamatannya pascaperistiwa tanah longsor yang melanda kawasan itu sejak dua pekan lalu. Pasalnya, lokasi longsor hanya berjarak sekitar 20 meter dari permukiman warga.

Kepala Desa Gunung Tumpeng, Supriyono mengatakan, peristiwa tanah longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun material longsoran tanah lebih kurang 100 meter dengan kedalaman sekitar 30 meter tersebut telah memutus jaringan irigasi, air bersih, dan menutup sebagian areal persawahan milik warga.

"Longsornya itu sudah dua minggu lalu, tapi Rabu kemarin longsor yang lebih besar terjadi. Warga mencemaskan keselamatannya jika hujan turun karena kondisi tanah bagian bawah sudah tergerus air," katanya, Jumat (3/5/2013).

Menurut Supriyono, kekhawatiran akibat tanah longsor di Lingkungan Grenjengan juga makin meluas hingga ke tetangga desa, yakni Desa Kedungringin, jika tidak segera ditangani secara serius.

"Laporan dari petani penggarap ada sekitar 2,5 hektar sawah yang sudah terkena. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 451 juta," jelasnya.

Setelah menerima laporan longsor, Bupati Semarang Mundjirin, Jumat (3/5/2013) siang tadi langsung menuju ke lokasi. Kepada warga Bupati berjanji akan segera mencarikan solusi penanganan dan berkoordinasi dengan DPU Kabupaten Semarang.

"Pemkab Semarang akan menyalurkan bantuan logistik untuk warga, sebagian bisa digunakan untuk logistik kerja bakti. Untuk penanganan lanjut, saya akan meminta DPU untuk melakukan kajian terlebih dahulu," ungkap Bupati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bupati juga berpesan kepada warga untuk lebih waspada karena longsor susulan bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.