Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Teroris di Pamulang Dipantau Warga Selama 3 Bulan

Kompas.com - 03/05/2013, 17:58 WIB
Dian Maharani

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Terduga teroris di Pamulang, Sigit Indrajit (23), yang saat ini masih dalam pencarian polisi, telah dipantau oleh warga selama tiga bulan. Warga telah mencurigai Sigit terlibat dalam jaringan teroris.

“Awalnya waktu pelaku tinggal di sini ada info dari orang lain yang katanya pernah tinggal selingkungan bahwa si Sigit ini sebut saja T (Teroris). Kita curiga, sampai Pak Bejo lapor ke Polsek,” terang tetangga Sigit, Kiki, di lokasi penggerebekan, Jumat (3/5/2013).

Seusai Bejo, wakil ketua RT setempat, melapor ke Polsek Pamulang, ia justru dihampiri oleh anggota Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Antiteror Polri. Dia pun diminta Densus untuk mengawasi Sigit. Bejo dan Kiki dipercaya Densus 88 untuk mengawasi gerak-gerik Sigit.
 
“Sudah sekitar tiga bulan dipantau. Kami juga suka terima laporan dari Pak Densus, kalau dia (Sigit) ada kegiatan,” terang Kiki.

Kiki yang memiliki usaha pembiakan ikan lele di belakang rumah kontrakan Sigit kerap mondar-mandir melihat aktivitas Sigit. Kiki mengatakan sering melihat Sigit didatangi teman-temannya yang berkumpul hingga pukul 02.00. Namun, tidak jelas apa tujuan mereka mendatangi kediaman Sigit.

“Dia itu temannya banyak, suka datang sampai jam dua malam. Motor keluar masuk terus. Tapi saya lihat kegiatannya enggak ada. Paling ngobrol, ngopi, dan ngerokok. Mereka juga suka sambil lihat laptop,” ujar Kiki.

Kini Sigit masih dalam pencarian. Upaya penangkapan Sigit pada Jumat (3/5/2013) dini hari gagal lantaran dia tidak ditemukan di kontrakannya yang terletak di Jalan Kenanga 4 Nomor 61, RT 5 RW 3, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang Kota, Tangerang Selatan.

Densus 88 Antiteror Polri mengamankan empat orang perempuan yang merupakan keluarga Sigit. Keempatnya adalah ibu Sigit berinisial S (44 tahun), istrinya N (21 tahun), adiknya N (18), dan adiknya A (14 tahun). Keempatnya kini tengah dimintai keterangan di Mapolsek Pamulang.

Upaya penangkapan Sigit berkaitan dengan penangkapan sebelumnya di kawasan Jalan Sudirman dan Jalan Bangka, Mampang, Jakarta Selatan. Sebelumnya, di Jalan Sudirman, dekat pertigaan Bendungan Hilir,  Densus 88 menangkap Sefa dan Achmad Taufik alias Ovie saat tengah mengendarai sepeda motor sekitar pukul 21.30 WIB.

Asep diketahui sebagai perakit bom. Dari keduanya, disita lima bom pipa siap ledak. Dari penangkapan tersebut, Densus 88 melakukan penggeledahan di rumah kos terduga teroris yang terletak di Jalan Bangka 2 F, Pela Mampang, Jakarta Selatan, dan mengamankan istri Sefa.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik PENANGKAPAN TERORIS DI BANGKA DAN PAMULANG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com