Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Ormas Islam Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar

Kompas.com - 03/05/2013, 14:33 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sedikitnya tujuh organisasi Islam berunjuk rasa di Jakarta, Jumat (3/5/2013), terkait kekerasan terhadap umat Muslim di Rohingya. Organisasi kemasyarakatan itu terhimpun dalam Forum Umat Islam (FUI).

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, berbagai ormas Islam itu akan melakukan aksi di depan kantor Kedutaan Besar Myanmar untuk Indonesia.

"Pengunjuk rasa dari FUI atau Forum Umat Islam. Ormas-ormasnya FPI, JAT, GARIS, KISDI, DDII, GPMI, dan Taruna Muslim," kata Rikwanto dalam keterangannya, Jumat.

Rikwanto mengatakan, jumlah pengunjuk rasa diperkirakan mencapai 750 sampai 1.000 orang. Polda Metro Jaya mengerahkan 1.654 personel untuk mengamankan unjuk rasa tersebut.

"(Aksi) dipusatkan di Bundaran HI, kemudian menuju ke Kedutaan Besar Myanmar," ujar Rikwanto.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengalihan arus apabila terjadi kepadatan di lokasi unjuk rasa. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas. Sebanyak 150 personel polisi lalu lintas dikerahkan untuk penanganan kelancaran dan pengalihan arus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com