Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tergelincir, Pesawat Cessna Terbalik di Pangandaran

Kompas.com - 03/05/2013, 13:34 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com — Sebuah pesawat latih Cessna 172 dengan registrasi PK-IUA milik sekolah penerbangan Bandung Pilot Academy (BPA), tergelincir dan terbalik saat akan lepas landas di Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran, Jumat (3/5/2013), sekitar pukul 09.00 WIB.

"Ya, tadi ada pesawat Cessna tergelincir saat akan take off di Bandara Nusawiru, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Sekarang sudah berhasil dievakuasi kok," terang Kepala Polsek Cijulang Kompol H Juhana, saat dihubungi Kompas.com, Jumat siang.

Menurut Juhana, pesawat yang tengah dipakai latihan hanya ditumpangi seorang pilot sebagai instruktur dan seorang siswa akademi penerbangan. "Tidak ada penumpang komersial dalam pesawat. Pesawat itu sedang dipakai latihan," ujar Juhana.

Sesuai data yang dihimpun kepolisian, pesawat yang masih berada di bandara sedang berjalan dan akan lepas landas. Diduga salah satu ban pesawat pecah, hingga pesawat itu tergelincir sampai akhirnya terguling ke sebelah kiri bahu landasan. Pesawat terguling ke sebuah tanah kosong di pinggir landasan Bandara Nusawiru.

"Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, pesawat hanya mengalami kerusakan di bagian moncongnya saja. Cuma penyok saja," kata Juhana.

Juhana menambahkan, posisi pesawat terbalik di pinggir landasan pacu setelah tergelincir. Kedua orang dalam pesawat hanya mengalami luka ringan. Saat ini, pesawat sedang menunggu tim untuk diselidiki lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com