Kompas.com - 03/05/2013, 13:34 WIB
|
EditorKistyarini

CIAMIS, KOMPAS.com — Sebuah pesawat latih Cessna 172 dengan registrasi PK-IUA milik sekolah penerbangan Bandung Pilot Academy (BPA), tergelincir dan terbalik saat akan lepas landas di Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran, Jumat (3/5/2013), sekitar pukul 09.00 WIB.

"Ya, tadi ada pesawat Cessna tergelincir saat akan take off di Bandara Nusawiru, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Sekarang sudah berhasil dievakuasi kok," terang Kepala Polsek Cijulang Kompol H Juhana, saat dihubungi Kompas.com, Jumat siang.

Menurut Juhana, pesawat yang tengah dipakai latihan hanya ditumpangi seorang pilot sebagai instruktur dan seorang siswa akademi penerbangan. "Tidak ada penumpang komersial dalam pesawat. Pesawat itu sedang dipakai latihan," ujar Juhana.

Sesuai data yang dihimpun kepolisian, pesawat yang masih berada di bandara sedang berjalan dan akan lepas landas. Diduga salah satu ban pesawat pecah, hingga pesawat itu tergelincir sampai akhirnya terguling ke sebelah kiri bahu landasan. Pesawat terguling ke sebuah tanah kosong di pinggir landasan Bandara Nusawiru.

"Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, pesawat hanya mengalami kerusakan di bagian moncongnya saja. Cuma penyok saja," kata Juhana.

Juhana menambahkan, posisi pesawat terbalik di pinggir landasan pacu setelah tergelincir. Kedua orang dalam pesawat hanya mengalami luka ringan. Saat ini, pesawat sedang menunggu tim untuk diselidiki lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.