Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memajang Karya Seni Bukan Cuma di Ruang Tamu!

Kompas.com - 03/05/2013, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Memajang karya seni kegemaran tidak selalu mudah. Keterbatasan ruang mampu juga membatasi jumlah karya seni yang dapat Anda pajang di rumah.

Namun demikian, sebenarnya ada beberapa lokasi lain yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat memajang lukisan, foto, atau karya seni lainnya. Berikut ini contoh-contoh lokasi unik memajang karya seni: 

Teras

Tentunya, Anda tidak dapat menempatkannya di sembarang teras. Namun, jika teras rumah cukup tertutup dan terlindung dari terpaan angin atau paparan sinar matahari, lokasi ini dapat Anda jadikan lokasi yang cocok.

Anda bahkan dapat membuat teras tersebut tampak lebih "hidup". Hanya, jika memajang lukisan pada dinding dengan tinggi sekitar 2,4 meter, pastikan Anda memajang lukisan pada titik dinding yang tepat. Memajang dengan ketinggian 1,5 meter atau tepat pada garis pandang mata sudah cukup.

Kamar mandi "kering"

Selain teras, jika memiliki kamar mandi "kering", Anda juga dapat memajang karya seni di tempat ini. Cobalah ingat-ingat kamar mandi hotel yang pernah Anda kunjungi. Umumnya, kamar mandi tersebut tampak cantik dengan kehadiran lukisan. Namun, bila masih ragu, gunakan kaca untuk memastikan foto atau lukisan yang Anda pajang di kamar mandi tidak rusak oleh air.

Dapur

Pajang juga karya seni di dapur Anda. Namun, sebaiknya pilih rentetan foto-foto atau lukisan dalam pengaturan yang simetris.

Garasi

Ruang lain yang umumnya "terlupakan" adalah ruang-ruang fungsional seperti garasi dan ruang cuci. Ubah pola pikir Anda, dan percantik kedua ruangan ini dengan karya seni.

Anda dapat menempatkan karya seni yang sesuai dengan tema ruangan. Sebagai contoh, Anda menempatkan lukisan bergambar jemuran yang cantik untuk ruang cuci dan mobil-mobil antik di garasi.

Ruang penyimpanan dan walk in closet

Terakhir, manfaatkanlah karya seni untuk membuat ruang berukuran mungil lebih menyenangkan. Pajanglah lukisan atau foto di ruang penyimpanan dan walk-in closet Anda.

Pastikan karya seni yang Anda pilih sesuai dengan kepribadian pemilik ruangan. Contohnya, gunakan gambar karya anak Anda untuk menghias ruang kerja mungilnya di kamar, kemari baju, atau lemari penyimpanannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com