Kompas.com - 03/05/2013, 00:25 WIB
EditorJodhi Yudono

PAMERAN LUKISAN TUNGGAL HIDAYAT LpD

Pelukis senior, Hidayat LpD (70), bersyukur dan bahagia menjalani hidup sebagai seniman. Hari-harinya dalam menjalani kehidupannya yang sederhana sambil mengembangkan  cita-citanya sebagai pelukis.. Lahir di Jakarta pada 3 Mei 1943 dan dibesarkan di kota Garut Jawa Barat. . Di kota kecil berhawa sejuk itulah ia mengembangkan bakat lukisnya. Bahkan  sempat belajar melukis pada pelukis terkenal, Hendra Gunawan, di Bandung.

Dalam perjalanan kesenimanannya, sudah puluhan kali memamerkan karyanya di berbagai Galeri,  baik di Bandung, dan sejumlah kota besar lainnya di Indonesia, termasuk  JakartaYogyakarta, Bali dll.

Kali ini pada 4 – 15 Mei 2013, Hidayat LpD tampil memamerkan sejumlah karya lukisnya di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki. Pameran tunggalnya kali ini bertajuk ‘El Silencio’. Sejumlah besar karyanya menampilkan obyek kehidupan sehari-hari. Antara lain melukis wayang golek, figur wanita desa, ronggeng, dan figur sosial lainnya  dalam tema kerakyatan.

Keterampilan Hidayat sebagai pelukis terlihat jelas cara ia memainkan aturan komposisi umum. Seringkali tidak mengindahkan  pendidikan akademis. Tetapi ia  mahir memainkan teknik pisau palet yang fasih. Kadangkala di atas bidang kanvas memunculkan warna-watna  kontras. Garis patah-patah dan secara keseluhan sejumlah karyanya memancarkan daya pesona.

Pelukis senior yang menunjukan kematangan dikubangan senirupa, berujar : ‘ Sejak umur 6 tahun saya dibenamkan kesisi  kehidupan masyarakat. Hampir semua  yang ada di Surga ada di Indonesia dan belum tentu yang ada di Indonesia ada pula di Surga’ . (TH) ***

KONSER IMPROVISASI MUSIK KLASIK

Penggemar musik klasik di Jakarta, di ajak menikmati ‘Concerto A Circus Skills’- Contemporary Classical Music, yang akan digelar pada 4 Mei 2013 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki. Tetapi lagu-lagu klasik ciptaan pengarang kondang kelas dunia itu  akan disajikan dalam bentuk imrprovisasi. Nah, jadinya seperti apa nanti, garapan lagu klasik inovatif ini. Simak dan ambil manfaatnya.

Konser tersebut didukung oleh sejumlah musisi senior berpengalaman. Antara lain  Iwang Noorsaid (Piano – Keyboard synth), Liliek Jasqee (Violin), Jalu G Pratidina (Kendang – Percussion), Ome & The People (Percusion) bersama Aidil Usman selaku Art Director. Mereka akan membawakan sejumlah lagu berkelas karya Antonio Vivaldi, Johan Sabastian Bach, Johanes  Brahms, dll.

Concerto A Circus Skills merupakan bentuk  concerto musik dengan teknik improvisasi dan adlibtum dari tiap-tiap personil dengan membentuk  sebuah komunikasi musik dalam mencapai harmoni. Lagu-lagu tersebut diaransmen dan penataan ulang  serta dikemas dalam improvisasi  dan permainan alat  musik tradisi kendang , serta penataan artistik panggung  dan dramaturgi  pertunjukan oleh Aidil A Usman.  (TH)***  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.