Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Persen Nasabah Pegadaian Giorontalo Perempuan

Kompas.com - 02/05/2013, 23:29 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Sekitar 85 persen nasabah PT Pegadaian (Persero) Gorontalo adalah kaum perempuan.

"Para perempuan yang memanfaatkan jasa pegadaian untuk kegiatan usaha kecil menengah," kata Pemimpin wilayah VI Pegadaian yang membawahi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, Muhammad Rukmansyah, Kamis (2/5/2013).

Rata-rata warga, khususnya perempuan yang meminjam uang di pegadaian adalah untuk kebutuhan produktif, bukan kredit konsumtif.

Dalam data tersebut, didapatkan rata-rata pelanggan pegadaian adalah kelas menengah ke bawah, dengan prosentase mencapai 90 persen.

"Sementara dari jenis kelamin, untuk Provinsi Gorontalo hingga 85 persen pelanggan di pegadaian adalah kaum perempuan," kata Muhammad.

Di Gorontalo, rata-rata peminjaman uang maksimal sebesar Rp 5 juta, yang semuanya digunakan oleh kamu perempuan untuk berbisnis rumahan, baik menjual pakaian, mukena ataupun jilbab.

Selain itu kata Muhammad, dari sisi pendidikan, rata-rata para pelanggan pegadaian adalah lulusan Sekolah Menengah Atas. "Hampir semua pelanggan ini pinjam uang, untuk digunakan dalam pengembangan usaha kecil mereka," kata Muhammad.

Bagi pihak pegadaian, setiap masyarakat yang hendak meminjam uang diberikan kemudahan dengan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk, surat nikah, akta kelahiran ataupun ijazah sekolah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com