Kompas.com - 02/05/2013, 23:23 WIB
EditorAgus Mulyadi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dua orang rekan mantan Wali Kota Parepare, HM Zain Katoe, yang bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi, dijebloskan ke dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Itu terjadi setelah putusan Mahkamah Agung (MA) menetapkan kedua terpidana harus menjalani masa hukuman.

"Kami ini hanya sebagai eksekutor yang menjalankan perintah atas adanya putusan akhir dari Mahkamah Agung, yang menyatakan kedua terpidana harus menjalani masa hukuman," tegas Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar, Syahrul Juaksa, di Makassar, Kamis (2/5/2013).

Kedua terpidana yang dieksekusi yakni Frans Lande dijemput tim dikediamannya Perumahan BTP Blok C Nomor 99 Makassar, serta Umar Usman di Jalan Bau Massepe, Kota Parepare.

Eksekusi paksa itu dipimpin langsung oleh Kasi Intel Kejari Makassar Syahrul Juaksa, dibantu Kasi Pidana Khusus Joko Darmawan, jaksa penuntut umum Muhammad Yusuf, serta aparat kepolisian.

Ia mengatakan pihaknya melaksanakan perintah Putusan Mahkamah Agung RI/Splitzing perkara mantan Wali Kota Parepare Zain Katoe yang telah diterima Kejari Makassar Selasa (30/4/2013).  

Dalam putusan kasasi, Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman pidana tiga tahun penjara atas Frans Lande selaku Direktur PT Pares Bandar Madani (PBM), dan 1,6 tahun untuk Umar Usman selaku Pelaksana Kegiatan Penyertaan Modal Daerah senilai Rp 1,5 miliar tersebut.

Dijebloskannya kedua terpidana itu melengkapi putusan MA sebelumnya, yang juga memberikan vonis kepada Mantan Wali Kota Parepare periode 2007-2012 HM Zain Katoe untuk menjalani masa hukuman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjelaskan, eksekusi dilakukan karena kasus yang membelit mantan Wali Kota Parepare selama dua periode itu telah inkrah, pascakasasi dari Mahkamah Agung.

Kasasi terdakwa ditolak Mahkamah Agung, dan menguatkan putusan banding Pengadilan Tinggi Sulawesi Selatan, setelah sebelumnya divonis satu tahun di Pengadilan Negeri Makassar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.