Sehari Tiga Kali Bentrok Mahasiswa dan Polisi di Makassar

Kompas.com - 02/05/2013, 22:04 WIB
|
EditorFarid Assifa

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dalam sehari, tiga kali bentrokan terjadi antara mahasiswa dengan aparat kepolisian di lokasi berbeda di Kota Makassar, Kamis (02/05/2013). Ketiga lokasi bentrokan tersebut yakni depan kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo; di Jalan Adiyaksa dan; di Jalan AP Pettarani.

Bentrokan terjadi di depan kantor Gubernur Sulsel antara mahasiswa melawan Satpol PP, PNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan aparat kepolisian. Mahasiswa kesal lantaran tak satupun pejabat Pemprov Sulsel, terutama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menemui pendemo dalam Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dari bentrokan di tempat ini, polisi mengamankan belasan mahasiswa.

Sementara itu, bentrokan fisik juga terjadi di Jalan Adiyaksa. Mahasiswa yang berdemonstrasi terkait Hardiknas merusak sebuah taksi. Polisi yang datang, mengamankan empat mahasiswa. Berselang beberapa menit setelah mahasiswi tersebut dianankan, rekan-rekannya pun datang dan meminta keempat mahasiswa dilepaskan. Kesal tuntutan tidak penuhi, mahasiswa lalu membakar sebuah motor milik seorang anggota polisi Brigadir Kepala (Bripka) Rais yang terparkir di sekitar lokasi demonstrasi.

Bentrok fisik juga terjadi di Jalan AP Pettarani, mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) melawan aparat kepolisian.

Awalnya, mahasiswa UNM menggelar demonstrasi dengan memblokade total Jalan Trans Sulawesi tepatnya di depan kampus UNM. Polisi lalu berupaya membubarkan aksi mahasiswa hingga bentrokan tak terhindarkan. Bentrokan di tempat ini berlangsung sekitar 1 jam.

Bentrokan mereda setelah polisi berhasil memukul mundur mahasiswa agar masuk ke areal kampus. Meski demikian, bentrokan ini tak menelan korban luka dari kedua bela pihak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X