Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Bone Protes Masih Adanya Sekolah di Kolong Rumah

Kompas.com - 02/05/2013, 21:22 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone, Kamis (2/5/2013).

Koordinator aksi, Agustan dalam orasinya memprotes masih banyaknya sekolah di Bone yang berada di bawah kolong rumah. Padahal anggaran pendidikan digelontorkan sebesar Rp 4,6 miliar. Pendemo pun menuding dana itu diselewengkan. Dalam aksi unjuk rasa itu, mahasiswa juga mengkritisi pelaksanaan Ujian Nasional siswa SMA yang amburadul.

Aksi unjuk rasa mahasiswa HMI sempat diwarnai keributan dengan aparat kepolisian yang berjaga saat pendemo memaksa masuk ke kantor Disdik yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin Sudirohuso, Kelurahan Macanang, Kecamatan Taneteriattang Barat, Kabupaten Bone. Hal itu dilakukan karena mereka tidak ditemui kepala Disdik.

Keributan ini berakhir setelah perwakilan dari Disdik keluar menemui mahasiswa untuk berdialog. "Kalau tentang bangunan sekolah yang belum diperbaiki dan banyaknya sekolah masih di bawah kolong rumah, kami nanti akan perbaiki dan bangunkan sekolah yang baru. Adapun tentang pelaksaan Ujian Nasional, kesalahan itu dari pusat bukan dari kami," beber Muchlis A Rasyid, Sekretaris Disdik Kabupaten Bone.

Seusai berdialog, mahasiswa kemudian melanjutkan aksinya ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com