Kompas.com - 02/05/2013, 20:34 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Cantik dan elegan, itulah yang terlihat ketika para anggota polwan di jajaran Polda DIY mengikuti audisi "Polda Idol" di aula Mapolda DIY, Kamis (2/5/2013). Tak terkira jika para perempuan yang biasanya mengenakan seragam polisi ini berubah bak artis terkenal.

"Audisi ini selain mengasah kreativitas anggota, juga untuk menggali potensi-potensi yang ada di setiap anggota polwan," terang Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti, Kamis.

Menurut Anny, potensi yang ada di setiap anggota polwan harus terus dikembangkan, hal itu juga guna menunjang sisi humanisme anggota dalam melayani masyarakat sebagai tugas pokok polisi. Dengan mengasah rasa, maka humanisme dalam tugas akan terus terjaga.

"Salah satu anggota polwan di Polda DIY tahun 2010 pernah menjadi juara dua di event 'Dream Girl' yang diselenggarakan oleh salah satu TV swasta nasional," tegasnya.

Potensi inilah yang harus terus dikembangkan. Selain itu, ia mengungkapkan bahwa acara ini sesuai dengan salah satu konsep Kapolda DIY yang baru, yaitu pelayanan dengan cara "pendekatan budaya".

Anny menuturkan, dari audisi awal ada sekitar 45 peserta yang ikut. Setelah diseleksi di audisi putaran kedua, peserta yang tersisa sebanyak 25 orang.

"Dari 25, hari ini akan diambil lima terbaik untuk masuk babak terakhir," tegasnya.

Sesuai urut nomor yang didapat, para anggota polwan yang sehari-hari disibukkan dengan urusan penegakan hukum itu maju satu per satu ke atas panggung. Dalam audisi tahap kedua, masing-masing peserta harus menunjukkan kemampuan olah vokalnya di depan ketiga juri.

"Untuk juri, kita khusus meminta dari dosen Institut Seni Indonesia (ISI), guru sekolah musik, dan tentunya artis penyanyi di Yogya. Hal ini agar penilaian lebih obyektif dan benar-benar berkualitas," kata Anny.

Sementara itu, salah satu peserta audisi "Polwan Idol", Bripka Anita Rosalina, mengaku gembira dan senang dengan kegiatan ini. Baginya, audisi ini menjadi tempat untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang menyanyi.

"Saya sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum audisi dimulai, ya tetap optimistis menang," ungkap anggota Polwan yang saat ini bertugas di Unit Binmas Polres Sleman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.