Kompas.com - 02/05/2013, 18:04 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso mengatakan, dalam rangka mengantisipasi adanya gejolak masyarakat jika nantinya kenaikan harga BBM jadi terealisasi, 85 SPBU di kota Bandung telah mendapat pengawalan dari kepolisan dan TNI.

Dalam satu SPBU, Polrestabes telah menyiagakan dua orang anggotanya. Selain itu, satu orang anggota TNI yang diambil dari masing-masing kodim akan menemani dua anggota polisi tersebut.

"Meski ada penundaan kenaikan BBM, tapi kita sudah ada instruksi untuk pengamanan SPBU di kota Bandung," kata Abdul di Bandung, Kamis (2/5/2013).

Abdul menambahkan, pengamanan di 85 SPBU tersebut untuk mencegah adanya penumpukan konsumen yang ingin membeli BBM. "Selain itu kita juga mencegah adanya antrean-antrian di SPBU," ujarnya.

Lebih lanjut, Abdul mengatakan, jajarannya juga akan mengantisipasi praktik kecurangan yang dapat merugikan masyarakat. "Antisipasi kita adalah untuk penimbunan BBM dan juga pembelian BBM dalam jumlah yang tidak sesuai. Cuma sifatnya hanya patroli dan pantauan kerawanan saja," papar Abdul.

Ditambahkan Abdul, demi mengantisipasi adanya praktik penimbunan BBM yang kerap, Polda Jawa Barat beserta jajarannya termasuk Polrestabes Bandung telah melakukan operasi ke tempat-tempat yang dicurigai sebagai tempat penimbunan selama 20 hari ke belakang. "Polda Jabar beserta jajaranya telah melakukan operasi Dian Lodaya 2013 dengan sasaran penimbunan dan penyalah gunaan BBM," tuturnya.

Hingga operasi tersebut berakhir, Polrestabes Bandung telah mengungkap dua kasus penimbunan dan penyalahgunaan BBM. "Baru berakhir kemarin di Kota Bandung sudah ada dua kasus yang terungkap," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.