Kompas.com - 02/05/2013, 18:02 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

SEMARANG, KOMPAS.com- Pasang air laut atau rob mulai menggenangi kawasan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2013). Permukiman warga termasuk perumahan Tanah Mas digenangi air setinggi lebih kurang 50 sentimenter.

Pasang air laut mulai meninggi sekitar pukul 13.00 WIB hingga akan surut kembali pukul 18.00. Sejumlah pompa yang terpasang di Bandarharjo dan perumahan Tanah Mas tidak mampu mengurangi limpasan air laut yang masuk melalui Kali Asin.

Genangan rob mulai meluas hingga masuk ke rumah warga. Rob selama bertahun-tahun juga menjadi beban ekonomi yang besar. Setiap warga harus mengeluarkan biaya lebih untuk meninggikan lantai mereka agar tidak tergenang.

Seperti sore itu, Rahmat terpaksa duduk di atas nisan untuk berdoa yang sekitarnya tergenangi rob. "Saya tidak tahu lagi harus bagaimana," keluh Rahmat. Program penanganan banjir dan rob dengan pembangunan polder dan rumah pompa hingga saat ini belum berjalan efektif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.