Kompas.com - 02/05/2013, 14:45 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang akan digelar pada Agustus mendatang, setidaknya terdapat tiga nama yang mulai dikenal masyarakat, seperti diungkap lembaga survei The Initiative.

Ketiga tokoh itu dikenal masyarakat Jatim sebagai calon gubernur Jatim karena intensitasnya menemui masyarakat. Ketiganya adalah Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, dan Khofifah Indar Parawansah.

The Initiative menyurvei 956 responden di 99 desa dan kelurahan dalam 11 daerah pemilihan. "Sebanyak 66 persen lebih responden mengenal mereka dan menginginkan mereka menjadi gubernur Jatim," kata Dahlan, peneliti The Initiative,  Kamis (2/5/2013).

Nama-nama tersebut unggul dari sejumlah nama yang ditawarkan seperti Eggi Sudjana, Pramono Anung, Said Abdullah, dan Ridwan Hisjam.

"Uniknya, dari tiga nama itu, hanya dua yang memberanikan diri akan mencalonkan menjadi cagub Jatim, yakni Soekarwo dan Khofifah, sementara Saifullah Yusuf dipastikan akan kembali mendampingi Soekarwo dalam pilgub nanti," tambahnya.

Di level kedua, kata Dahlan, masyarakat juga menyebut nama tokoh lainnya. Dua nama tokoh yang disebut skor pilihannya mencapai 27 persen lebih adalah Said Abdullah (anggota Fraksi PDI-P DPR) dan Bambang Dwi Hartono (Wakil Wali Kota Surabaya).

"Kami dapat simpulkan, jika Khofifah ingin menyaingi Soekarwo-Saifullah Yusuf, setidaknya dia bisa menggandeng dua nama ini," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan, Khofifah Indar Parawansah hingga saat ini belum juga menyebut kandidat cawagub yang akan mendampinginya untuk kembali maju dalam Pilgub Jatim.

Sejumlah nama yang disebut-sebut memiliki kans mendampingi Ketua Umum Muslimat NU ini, antara lain, Ridwan Hisjam (pengurus DPP Golkar), Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), dan Hasan Aminudin, politisi Partai Nasdem yang juga mantan Bupati Probolinggo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.