Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Indikasi Penggelembungan Jumlah Pemilih

Kompas.com - 02/05/2013, 14:44 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON,KOMPAS.com — Daftar pemilih untuk Pilkada Maluku yang ditetapkan KPU Maluku diragukan akurasinya oleh tim sukses calon gubernur/wakil gubernur yang diusung PDI Perjuangan, Herman Koedoeboen-Daud Sangadji.

"Ada indikasi penggelembungan jumlah pemilih di daerah yang bupatinya mencalonkan diri menjadi gubernur Maluku," ujar Thobyhend JM Sahureka, salah satu anggota tim sukses Herman Koedoeboen-Daud Sangadji, saat Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih di Ambon, Kamis (2/5/2013).

Indikasi ini didasarkan pada melonjaknya jumlah pemilih di Seram Bagian Timur jika dibandingkan dengan jumlah pemilih saat Pilkada Seram Bagian Timur 2010.

Saat itu, jumlah pemilih masih 77.492 orang, sedangkan jumlah pemilih pada Pilkada Maluku saat ini sebanyak 89.639 orang.

Bupati Seram Bagian Timur Abdullah Vanath mencalonkan diri menjadi Gubernur Maluku berpasangan dengan Marthin Jonas Maspaitella yang diusung oleh 14 partai, di antaranya Partai Patriot, Partai Karya Perjuangan, dan Partai Buruh.

Namun, Ketua KPU Seram Bagian Timur Munir Ramadau menolak tudingan itu. Menurut dia, penambahan jumlah pemilih karena banyaknya warga Seram Bagian Timur yang kembali tinggal di kabupaten itu seiring berkembangnya Seram Bagian Timur.            

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com