Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA Kendal Antusias Ikut Bursa Kerja

Kompas.com - 02/05/2013, 13:22 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Ribuan siswa SMK dan SMA Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, melamar di berbagai perusahaan dari dalam dan luar negeri yang mengikuti dalam Bursa Kerja Khusus (BKK) Kabupaten Kendal yang digelar di SMKN 4 Bransong, Kendal, Kamis (2/5/2013).

Acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kendal itu, berkaitan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Menurut Wakil Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK), Fahrur, ada 30 perusahaan, baik lokal, nasional, maupun internasional, yang berpartisipasi dalam BKK.

Fahrur, yang juga pengajar SMKN 4 Kendal tersebut menambahkan, pada tahun 2013 ini 5.500 siswa SMK dan sekitar 5.000 siswa SMA di Kabupaten Kendal yang lulus. Mereka yang tidak melanjutkan kuliah, akan membutuhkan pekerjaan.

Fahrur mengatakan, BKK bisa digunakan untuk siswa yang mencari peluang kerja. "Tapi yang hadir di sini, tidak hanya siswa kelas tiga, tetapi juga siswa yang telah lulus, tapi belum mendapatkan pekerjaan," terang Fahrur.

Fahrur menjelaskan, syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan peserta BKK adalah ijazah bagi yang sudah lulus, surat keterangan dari sekolah (bagi siswa yang belum lulus tapi sudah kelas tiga), fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan fotokopi akte kelahiran. "Hari ini pelamar langsung ikut tes dan pengumumannya Jumat besok," tambahnya.

Rahman, seorang siswa SMK, mengaku melamar pekerjaan di PT Sami Semarang. Dia memilih perusahaan yang memproduksi perakitan kabel itu sesuai dengan jurusan yang dia ambil.

"Saya masih kelas tiga dan sudah ikut UN. Saya mau bekerja, setelah lulus nanti karena bapak saya tidak kuat membiayai kuliah," kata Rahman, yang berencana melanjutkan kuliah setelah bisa bekerja.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Kendal yang dipusatkan di SMKN 4 Kendal, juga diisi pameran produksi siswa SMK se-Kabupaten Kendal. Ada 29 SMK baik swasta dan negeri, yang mengikuti pameran itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com