Kompas.com - 02/05/2013, 13:22 WIB
|
EditorKistyarini

KENDAL, KOMPAS.com - Ribuan siswa SMK dan SMA Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, melamar di berbagai perusahaan dari dalam dan luar negeri yang mengikuti dalam Bursa Kerja Khusus (BKK) Kabupaten Kendal yang digelar di SMKN 4 Bransong, Kendal, Kamis (2/5/2013).

Acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kendal itu, berkaitan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Menurut Wakil Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK), Fahrur, ada 30 perusahaan, baik lokal, nasional, maupun internasional, yang berpartisipasi dalam BKK.

Fahrur, yang juga pengajar SMKN 4 Kendal tersebut menambahkan, pada tahun 2013 ini 5.500 siswa SMK dan sekitar 5.000 siswa SMA di Kabupaten Kendal yang lulus. Mereka yang tidak melanjutkan kuliah, akan membutuhkan pekerjaan.

Fahrur mengatakan, BKK bisa digunakan untuk siswa yang mencari peluang kerja. "Tapi yang hadir di sini, tidak hanya siswa kelas tiga, tetapi juga siswa yang telah lulus, tapi belum mendapatkan pekerjaan," terang Fahrur.

Fahrur menjelaskan, syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan peserta BKK adalah ijazah bagi yang sudah lulus, surat keterangan dari sekolah (bagi siswa yang belum lulus tapi sudah kelas tiga), fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan fotokopi akte kelahiran. "Hari ini pelamar langsung ikut tes dan pengumumannya Jumat besok," tambahnya.

Rahman, seorang siswa SMK, mengaku melamar pekerjaan di PT Sami Semarang. Dia memilih perusahaan yang memproduksi perakitan kabel itu sesuai dengan jurusan yang dia ambil.

"Saya masih kelas tiga dan sudah ikut UN. Saya mau bekerja, setelah lulus nanti karena bapak saya tidak kuat membiayai kuliah," kata Rahman, yang berencana melanjutkan kuliah setelah bisa bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Kendal yang dipusatkan di SMKN 4 Kendal, juga diisi pameran produksi siswa SMK se-Kabupaten Kendal. Ada 29 SMK baik swasta dan negeri, yang mengikuti pameran itu.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.