Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Rp 3 Miliar, Ganjar Cagub Jateng Termiskin

Kompas.com - 02/05/2013, 13:08 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut satu, Hadi Prabowo, menjadi calon gubernur terkaya dalam ajang Pemilihan Gubernur di Jawa Tengah 2013. Total harta Hadi Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah ini mencapai angka Rp 13,5 miliar.

Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dibacakan oleh tiap-tiap calon di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (2/5/2013).

Namun, LHKPN milik calon gubernur petahana Bibit Waluyo dibacakan oleh pasangannya yakni Sudijono Sastroatmodjo. Sebab, Bibit berhalangan hadir karena mengikuti rapat paripurna DPRD Jawa Tengah dengan agenda penyampaian laporan akhir masa jabatan.

Terungkap, jumlah harta Hadi Prabowo diketahui naik dari LHKPN pada Juli 2010 yang hanya sebesar Rp 5,3 miliar. Harta kekayaan Hadi yang terdiri dari harta tidak bergerak dan harta bergerak ini lebih tinggi dibandingkan harta kekayaan calon gubernur petahana Bibit Waluyo.

Berdasarkan LHKPN melalui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta Bibit Waluyo sebanyak Rp 13,1 miliar. Jumlah ini naik dari LHKPN pada Juni 2012 sebesar Rp 9,5 miliar.

Adapun calon gubernur dengan harta paling sedikit adalah calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. Anggota DPR RI ini hanya memiliki harta sebesar Rp 3 miliar. Jumlah ini naik dari laporan sebelumnya pada 2010 sebesar Rp 1,6 miliar.

Sementara untuk calon wakil gubernur, Sudijono Sastroatmodjo memiliki harta paling banyak, yakni Rp 4,7 miliar. Pasangan Bibit Waluyo ini menjadi calon wakil gubernur terkaya dibandingkan yang lain. Namun, jumlah tersebut tidak terlalu jauh dari harta Heru Sudjatmoko sebagai pasangan Ganjar Pranowo yakni sebesar Rp 4,4 miliar.

Calon wakil gubernur dengan harta paling sedikit, yakni Don Murdono, yang merupakan pasangan Hadi Prabowo. Harta Don diketahui sebesar Rp 786 juta, menurun drastis dari LHKPN 2008 yang mencapai sebesar Rp 3,4 miliar.

Seusai membacakan LHKPN tersebut, para pasangan calon kemudian menandatangani Komitmen Berintegritas. Hal itu adalah komitmen untuk menjalankan proses tahapan pemilukada secara berintegritas, transparan, dan akuntabel.

Pemilihan gubernur di Jawa Tengah akan dilakukan pada 26 Mei mendatang. Terdapat tiga pasangan calon yang akan bertarung. Pasangan dengan nomor urut satu yakni Hadi Prabowo dan Don Murdono, pasangan nomor urut dua yakni Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo, dan pasangan nomor tiga yakni Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com