Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Ambles, Ratusan Warga Mengungsi

Kompas.com - 02/05/2013, 09:28 WIB

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, harus mengungsi karena rumah mereka terancam ambruk akibat tanah di daerah itu terus ambles.

Suhardi, salah seorang warga Dusun Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, mengatakan tanah di desanya rawan longsor dan bergerak, sehingga sering ambles kini ratusan rumah terancam ambruk, seperti dikutip Antara, Senin (29/4/2013).

Ia mengatakan, pemilik rumah terpaksa mencari tempat untuk mengungsi sementara karena mereka khawatir tempat tinggalnya runtuh.

Sementara itu Juhadi warga lain menuturkan, longsor dan tanah amblas sering menimpa warga di Desa Cimuncang, bagi mereka tidak ada pilihan selain mengungsi untuk menyelamatkan diri.

Setiap musim hujan, kata dia, bencana longsor pasti terjadi di daerah pegunungan Majalengka, warga berharap mendapatkan tempat yang aman dan nyaman.

Dikatakannya, ratusan kepala keluarga yang menempati Desa Cimuncang, sejak pertengahan bulan April 2013 sudah memindahkan barang mereka sementara, akibat curah hujan tinggi ancaman longsor terus terjadi.

"Sebagian warga, sudah meninggalkan rumah mereka karena tanah terus bergerak dan amblas," katanya.

Hingga kini belum ada penjelasan soal penyebab amblesnya tanah di kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com