Kompas.com - 02/05/2013, 09:28 WIB
EditorKistyarini

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, harus mengungsi karena rumah mereka terancam ambruk akibat tanah di daerah itu terus ambles.

Suhardi, salah seorang warga Dusun Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, mengatakan tanah di desanya rawan longsor dan bergerak, sehingga sering ambles kini ratusan rumah terancam ambruk, seperti dikutip Antara, Senin (29/4/2013).

Ia mengatakan, pemilik rumah terpaksa mencari tempat untuk mengungsi sementara karena mereka khawatir tempat tinggalnya runtuh.

Sementara itu Juhadi warga lain menuturkan, longsor dan tanah amblas sering menimpa warga di Desa Cimuncang, bagi mereka tidak ada pilihan selain mengungsi untuk menyelamatkan diri.

Setiap musim hujan, kata dia, bencana longsor pasti terjadi di daerah pegunungan Majalengka, warga berharap mendapatkan tempat yang aman dan nyaman.

Dikatakannya, ratusan kepala keluarga yang menempati Desa Cimuncang, sejak pertengahan bulan April 2013 sudah memindahkan barang mereka sementara, akibat curah hujan tinggi ancaman longsor terus terjadi.

"Sebagian warga, sudah meninggalkan rumah mereka karena tanah terus bergerak dan amblas," katanya.

Hingga kini belum ada penjelasan soal penyebab amblesnya tanah di kawasan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X