Kompas.com - 02/05/2013, 08:01 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

BIAK, KOMPAS.com - Kapolres Biak Numfor AKBP Esterlina Sroyer menegaskan, pelaku pembawa senjata tajam dan senjata api jenis softgun saat penangkapan gerombolan orang tidak dikenal di Badan Diklat Jalan Raya Adibai, Senin (1/5), dijerat UU Darurat No.12/1951.

"Enam pelaku bersenjata yang memaksa peserta pra jabatan PNS Pemkab Biak untuk ikut upacara bendera Bintang Kejora Senin pada (1/5) itu, sudah kami tahan untuk penyidikan lebih lanjut," ujar AKBP Esterlina Sroyer, Kamis.

Ia mengatakan, enam orang yang ditahan berinisial YA, YB, OW, MS, GS dan YW beserta sejumlah barang bukti yang diamankan aparat Kepolisian Resor Biak Numfor.

Kapolres AKBP Esterlina mengatakan, barang bukti yang disita itu berupa baju loreng sembilan buah, satu senjata air softgun, panah tujuh, amunisi kaliber 303 sebanyak 39 butir, lima buah hanphone, dua spanduk, satu kamera video berlabel tpm/opm, dan tiga pasang sepatu PDL.

"Enam warga Biak ini masih diperiksa penyidik, ya siapapun terbukti melanggar akan ditindak tegas. Itu terkait ketentuan Undang-undang darurat tersebut," ungkap Kapolres AKBP Esterlina Sroyer.

Ia mengimbau, masyarakat Biak Numfor tidak cepat terpancing isu untuk melakukan aksi kriminal yang berakibat merugikan diri sendiri dan masyarakat umum.

"Situasi Biak yang aman dan kondusif harus kita jaga bersama. Tanggung jawab menjaga keamanan bukan tugas jajaran Polri saja namun semua warga berperan menciptakan kamtibmas," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga Kamis, pascapengibaran bendera Bintang Kejora di areal gedung Pendidikan Latihan Pemkab di Jalan raya Adibai Biak Senin pagi membuat pihak penyelenggara Diklat prajabatan PNS memulangkan peserta hingga batas waktu tidak ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.