Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Sawit Tetap Optimistis

Kompas.com - 01/05/2013, 20:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Selama pangan dan energi masih menjadi kebutuhan mendasar manusia, industri sawit dan pertambangan tetap optimistis berkembang. Meski saat ini, khususnya di Sumatera, industri sawit tengah mengalami penurunan. "Penurunan hanya terjadi sesaat dan akan pulih kembali,"kata Direktur Utama PT. Technindo Contromatra (TC) Buyung Chan pada Rabu (1/5/2013).

Berangkat dari situlah, imbuhnya, TC tetap berfokus pada bidang industri sawit, pertambangan, serta minyak dan gas. Apalagi, TC yang bergiat menjadi agen produk hydraulic systems, boiler systems, industrial & engine automation heavy equipments berhasil membukukan penjualan sekitar Rp 300 miliar. "Tahun ini, kami mematok target penjualan hingga Rp 500 miliar," tutur Buyung dalam acara bakti sosial TC untuk para penderita katarak di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Katarak

Buyung mengatakan tiap tahun, seturut data Dinas Kependudukan Sumut ada 17.000 penderita baru katarak. Sementara, bakti sosial TC sejak 2012 untuk program operasi katarak gratis tersebut membidik 60 pasien tiap tahunnya. "Kami menyebarkan informasi lewat karyawan dan dokter mata di Medan untuk mendapat pasien,"tuturnya.

Selain itu, TC juga bekerja sama Setia Budi Eye Centre di Medan. "Ini untuk merealisasikan operasi katarak gratis tersebut,"katanya menambahkan.

Kegiatan sosial TC sudah berjalan sejak 20 tahun silam. Bentuknya antara lain beasiswa dan sumbangan rutin ke panti asuhan, program kacamata gratis untuk siswa sekolah berikut pengobatan gratis. "Kami akan menjadikan operasi katarak gratis di Medan sebagai agenda tahunan,"demikian Buyung Chan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com