Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Eceran Melebihi Ketentuan HET

Kompas.com - 01/05/2013, 19:55 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

JENAMAS, KOMPAS.com- Harga bahan bakar minyak (BBM) eceran di Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah sudah melampaui angka yang telah ditentukan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) BBM tersebut Rp 6.000 per liter.

Menurut Camat Jenamas, Kujang Rosayadi, di Jenamas, Rabu (1/5/2013), di tingkat pengecer premium dijual seharga Rp 10.000 per liter dan solar seharga Rp 8.000 per liter. Bahan bakar itu tak bisa dijual dengan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 4.500 per liter karena di Jenamas tidak tersedia stasiun pengisian bahan bakar untuk umum.

Harga BBM eceran saat ini pun sudah naik. Premium misalnya, pada awal April 2013 masih dijual seharga Rp 7.000 per liter. Para pedagang tidak mau menjual BBM eceran sesuai HET karena jika dijual dengan harga tersebut, mereka belum mendapatkan untung.

Kujang tidak yakin jika BBM dijual dengan dua harga, kebijakan itu akan berjalan dengan konsisten. "Saat ini, BBM dengan satu harga saja penjualannya tak bisa dikendalikan. Saya tidak yakin pengawasan penjualan BBM akan berjalan dengan baik," papar nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com