Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Pasar Kencong Gelar Doa Bersama

Kompas.com - 01/05/2013, 17:54 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com- Sejumlah pedagang yang menempati pasar penampungan di Kencong, Jember, Jawa Timur, Rabu (1/5/2013), menggelar doa bersama atau istighosah. Doa bersama itu bertujuan supaya pemerintah daerah memperhatikan nasib pedagang setelah pasarnya terbakar tujuh tahun lalu.

"Inti dari doa bersama ini kami ingin tetap dibangunkan di lokasi pasar yang lama," kata Moh Sholeh, koordintaor pedagang pasar Kencong. Mereka menolak menempati pasar yang dibangun oleh investor, dan minta agar pemda membangun pasar untuk warga.

Doa bersama yang diikuti ratusan pedagang itu membuat jalan raya di Kencong yang menghubungkan antara Jember Lumajang lewat jalur selatan macet. Usai doa bersama, ratusan pedagang mengusung keranda dari pasar penampungan ke bekas pasar yang terbakar dan kini jadi taman bermain.

Sumiati, pedagang di pasar itu didaulat untuk menjadi penceramah dan menyerukan para pedagang agar terus berjuang. Sudah tujuh tahun pedagang berjualan di pasar penampungan yang tak layak dihuni. "Selain berdoa, kita juga berjuang lewat gugatan class action di Pengadilan Negeri jember," kata Sholeh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com