Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesama Buruh Bentrok Saat Aksi May Day

Kompas.com - 01/05/2013, 17:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Selain diwarnai aksi copet, aksi buruh memperingati May Day di Surabaya, Rabu (1/5/2013), juga diwarnai aksi adu jotos antarsesama elemen buruh. Sembilan orang diamankan dalam kerusuhan itu.

Kerusuhan terjadi saat Rieke Dyah Pitaloka tengah berorasi di depan Gedung Negara Grahadi. Bahkan politisi PDI-P ini sempat menahan orasinya karena massa yang terlibat bentrok semakin meluas. Dua elemen buruh yang terlibat bentrok adalah Konfederasi Serikat Nasional (KSN) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Pantauan Kompas.com, kerusuhan bermula saat massa FSPMI coba menerobos barisan KSN dan barisan massa Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Mariono, salah satu buruh dari elemen FSPMI, saat ditanya soal pemicu kerusuhan tidak dapat menjelaskan secara rinci.

''Biasa, Mas, karena semua buruh di sini dalam kondisi panas, hatinya juga panas,'' katanya.

Sementara itu, sembilan orang yang diamankan kini masih terus diperiksa oleh polisi di salah satu ruang di kompleks Gedung Negara Grahadi Surabaya. Tidak hanya diperiksa, mereka juga dites urine untuk mengetahui apakah mereka menggunakan narkoba saat unjuk rasa atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com