Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindaian Lembar Jawab UN di Unnes Selesai

Kompas.com - 01/05/2013, 17:16 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Proses pemindaian lembar jawab Ujian Nasional (LJUN) di Jawa Tengah yang dilakukan oleh tim Universitas Negeri Semarang telah selesai. Kendala teknis berupa lembar jawab yang terlipat atau sobek seluruhnya dapat diatasi.

Pelaksana Tugas Rektor Unnes, Agus Wahyudin, yang juga penanggung jawab penyelenggaraan UN SMA/MA, SMALB, dan SMK se-Jateng tahun 2013, mengatakan, 1.450.671 lembar jawaban telah selesai dipindai pada Rabu (1/5/2013) siang. Sebanyak 90 personil dilibatkan dalam proses pindai yang dimulai sejak tanggal 13 April 2013 lalu.

Agus mengungkapkan, batas waktu pemindaian seharusnya pada tanggal 3 Mei mendatang. Namun, timnya telah berhasil menyelesaikan tugas tersebut jauh sebelum batas waktu berakhir.  "Kami melakukan pemindaian hampir 24 jam setiap hari," ujarnya.

Kendala utama yang dihadapi tim pemindai, menurut Agus, adalah lembaran yang lebih tipis dibandingkan LJUN tahun lalu. Namun, hal itu dapat diatasi dengan pemindaian citra (image scanning).

Total ada 23 alat pemindai yang digunakan, dengan kecepatan satu lembar jawab per detik. Namun, kendala tersebut telah berhasil diatasi. Demikian pula dengan lembar jawab yang terlipat atau sobek, serta siswa yang mengisi jawaban pada lembar jawab yang difoto kopi atau pada lembar soal, seluruhnya dapat diatasi dan dipindai dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com