Kompas.com - 01/05/2013, 16:22 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SOLO, KOMPAS.com — Ribuan buruh di Kota Solo turun ke jalan memperingati Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2013). Peserta berjalan kaki dari Mojosongo menuju Balaikota Surakarta sambil mengusung banyak poster.

"Kita adalah manusia bukan binatang. Kita desak penghapusan sistem outsourcing yang hanya menguntungkan pengusaha," kata Suharno, Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia 1992 (SBSI).

Selain mendesak penghapusan sistem alih daya, peserta aksi juga menuntut kenaikan upah bagi buruh.

Tak cuma pendemo, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo turut berorasi di hadapan ribuan buruh yang berdatangan di halaman balaikota. "Saya dulu juga buruh dan saya tahu bagaimana kondisi menjadi buruh. Saya persilakan berorasi, tetapi tetap jaga kondisi Kota Solo," kata Rudy dalam orasinya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.