Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Perang Bersama Usai

Kompas.com - 01/05/2013, 03:17 WIB

SEOUL, SELASA - Korea Selatan dan Amerika Serikat merampungkan latihan perang gabungan ketiga matra mereka, yang telah berlangsung selama dua bulan terakhir. Latihan perang gabungan itu kerap menjadi sumber pemicu kemarahan Korea Utara, negara komunis serba tertutup.

Latihan perang bertajuk ”Foal Eagle” itu melibatkan sedikitnya 10.000 prajurit Amerika Serikat (AS) dan personel militer Korea Selatan (Korsel), yang jumlahnya jauh lebih besar.

”Latihan perang gabungan itu selesai, tetapi militer Korsel dan AS akan terus mengawasi potensi provokasi yang mungkin dilancarkan Korut, termasuk peluncuran peluru kendalinya,” ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Kim Min-seok.

Hingga saat ini, Korut memang terus menempatkan sejumlah peluru kendali dan peluncurnya di pantai timur negeri itu.

Kawasan Semenanjung Korea belakangan ini memang terus memanas. Kondisi itu dipicu kemarahan Korut, yang tak terima dijatuhi sanksi baru oleh Dewan Keamanan PBB.

Sanksi dijatuhkan lantaran Korut mengabaikan peringatan dan kekhawatiran dunia terkait uji coba rudal dan nuklir mereka sejak akhir tahun lalu.

Ketegangan di antara dua Korea juga berdampak pada penutupan satu-satunya simbol kerja sama mereka, kawasan industri Kaesong, yang didirikan sejak tahun 2003 di wilayah Korut.

Awal pekan lalu, Pemerintah Korsel menarik semua pekerja warga negaranya setelah Korut terlebih dahulu menarik 53.000 pekerja warga negaranya.

Dilaporkan, hingga Selasa dini hari, hanya tersisa tujuh orang penyelia, yang masih bertahan untuk menyelesaikan masalah administrasi.

Tak diketahui kapan ketujuh warga negara Korsel itu akan keluar dari Kaesong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com